Masa Ta’aruf Santri Tahfidz Mahad Al Aqwam (MASTAFIDZ) MAN Kendal Tahun 2023

Kendal, mankendal.sch.id – Dalam rangka menyambut Tahun Pelajaran 2023/2024, Mahad Al-Aqwam MAN Kendal menggelar Masa Ta’aruf Santri Tahfidz (MASTAFIDZ) selama tiga hari, dimulai pada tanggal 2 hingga 4 Muharram 1445 H/20-22 Juli 2023 M. Mengusung tema “Mencetak Santri Berkarakter Yang Berlandaskan Al-Quran, Berilmu Amaliah dan Beramal Ilmiah,” kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan santri baru kepada lingkungan pondok serta memupuk harmonisasi di antara mereka guna mencapai tujuan pembelajaran yang optimal.

Dipromotori oleh Organisasi Santri Mahad Al-Aqwam (OSMA), MASTAFIDZ dihadiri oleh kepala madrasah beserta jajarannya dan para ustadz-ustadzah Mahad Al-Aqwam MAN Kendal. Acara tersebut dilangsungkan di gedung Aula MAN Kendal mulai pukul 8 malam hingga selesai.

Acara dibuka oleh pembawa acara, Syifa Rosadina Luthfi, santriwati kelas XII Agama, dan Bintang Satria, santriwan kelas XII MIPA 1. Muhammad Yazid Mubarok membacakan ayat suci Al-Quran, memberikan nuansa kekhidmatan bagi acara tersebut.

Dalam sambutannya, Bapak Kepala Madrasah, H. Moh Soef, mengungkapkan pentingnya menghafal Al-Quran sebagai sarana untuk bertemu orang tua di akhirat. Cahaya dan berkah Al-Quran diharapkan dapat menerangi santri yang menghafalnya, serta keluarganya, sehingga mendapatkan kebahagiaan di surga nanti.

Selanjutnya, Roisul Ma’had, Ustadz Khatib, memberikan nasihat berharga bagi santri baru. Beliau menekankan pentingnya riyadhoh (pengembaraan spiritual) dalam kehidupan pondok agar santri bisa betah di lingkungan tersebut. Riyadhoh harus mencakup melupakan kehidupan di rumah selama 40 hari, sebagaimana dilakukan oleh Nabi Musa. Setelah 40 hari, santri baru dapat dijenguk oleh orang tua dan diharapkan mampu melakukan riyadhoh lainnya untuk menghadapi ujian dan tantangan di pondok.

Masa Ta’aruf Santri Tahfidz Ma’had Al-Aqwam MAN Kendal (MASTAFIDZ) menjadi wadah yang efektif bagi santri baru untuk berbaur dan beradaptasi di lingkungan pesantren. Semoga kegiatan ini dapat menjalin hubungan harmonis di antara seluruh santri serta menciptakan atmosfir belajar yang nyaman dan produktif di Mahad Al-Aqwam MAN Kendal. (AzkyaQorsya/Ivn)