Pelantikan Dewan Ambalan Baru Pramuka MAN Kendal

Kendal, mankendal.sch.id – Belum lama ini Pramuka MAN Kendal melaksanakan pelantikan dewan ambalan baru dan serah terima jabatan pradana baru pada hari Selasa, 6 Desember 2022 lalu.

Kegiatan ini diikuti semua bantara dan dewan ambalan yang akan dilantik. Hadir pula pembina gudep, pelatih serta wakamad kesiswaan yang mewakili kamabigus.

Acara rutin yang dilaksanakan setiap tahun sekali tersebut merupakan penyerahan tanggung jawab dewan ambalan kelas XII yang sudah purna tugas. Mereka selanjutnya akan lebih fokus pada persiapan ujian nanti.

Prosesi pelantikan dewan ambalan dan serah terima jabatan dimulai dengan upacara pembukaan. Kemudian dilanjutkan penancapan pusaka ambalan yang menunjukkan bahwa kegiatan tersebut bersifat resmi. Selanjutnya dibacakan surat keputusan dan penandatanganan berita acara oleh pembina upacara.

Pengucapan ulang janji pramuka dilakukan oleh dewan ambalan baru, disusul penandatanganan surat berita acara dan penyematan tanda pradana sebagai simbol telah dilantiknya sebagai pradana yang baru.

Dalam kata sambutannya, Drs. Sunardi M.Ag menyampaikan bahwa sebagai anak pramuka harus menjadi contoh yang baik di sekolah maupun di luar sekolah. Walaupun kita rugi secara ekonomi dan waktu, tetapi manfaatnya akan jauh lebih luar biasa untuk masa yang akan datang. 

“Pramuka harus lebih berprestasi lagi daripada tahun ini, terus berproses,” tuturnya membakar semangat.

Beliau juga menyampaikan amanah bapak kepala madrasah yang tidak bisa hadir.

“Kita harus lebih gemar membaca karena sekarang model soal yang keluar di tes sudah berbentuk literasi. Seperti UAS biologi kelas XII yang sudah berbentuk literasi.”

Menurut Sunardi, hal tersebut menjadi angin segar bagi peserta didik karena MAN Kendal akan menerapkan perpustakaan digital dan pojok literasi sehingga memudahkan siswa untuk berliterasi.

“Termasuk di pramuka, wajib hukumnya berliterasi untuk mendukung program MAN Kendal tersebut,” imbuhnya.

Kegiatan ditutup dengan pelepasan pusaka ambalan yang menunjukkan bahwa kegiatan sudah berakhir. (Afriza/Red_24)