Sambut Peserta Didik Baru, MAN Kendal Gelar MATSAMA Tahun Pelajaran 2022/2023

Kendal, mankendal.sch.id –  Tahun pelajaran baru telah dimulai. Semangat baru pun kini merekah setelah tiga minggu lebih siswa-siswi madrasah menghabiskan waktu liburnya. Dalam tradisi madrasah, kurang afdol kiranya apabila peserta didik baru memulai pelajaran di kelas begitu saja. 

Oleh karena itu Madrasah Aliyah Negeri Kendal melalui Organisasi Intra Sekolahnya (OSIS) telah sukses melaksanakan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) Tahun Pelajaran 2022/2023 pada Senin sampai Rabu 18-20 Juli 2022.

Sebelumnya, pembekalan kepada peserta didik baru telah digelar pada hari Sabtu, (16/07/2022) guna mempersiapkan segala kebutuhan untuk menunjang pelaksanaan MATSAMA di hari berikutnya. Seperti diketahui, MATSAMA adalah masa orientasi atau pengenalan mengenai lingkungan madrasah kepada peserta didik baru.

Pembukaan MATSAMA berlangsung pada Senin 18 Juli 2022 melalui kegiatan apel pagi. Pembukaan secara resmi disimbolkan dengan pemotongan tali balon udara oleh kepala madrasah, Muh Asnawi. Diharapkan tujuan kegiatan ini dapat melangit dan tercapai sebagaimana mestinya. 

Kegiatan dilanjutkan dengan sesi materi. Kepala madrasah memaparkan dan mengenalkan profil MAN Kendal kepada seluruh peserta didik barunya. 

Di hari kedua, materi yang disampaikan mencakup tentang moderasi beragama, ketatausahaan, sarana prasarana, program unggulan dan etika bermedia sosial. 

Setelah 2 hari berturut-turut berkutat dengan materi, pada hari ketiga diisi dengan kegiatan refreshing bagi segenap peserta MATSAMA. Diawali dengan senam pagi bersama di lapangan MAN Selatan. Selanjutnya para siswa diajak berkeliling untuk diperkenalkan setiap unsur di lingkungan madrasah oleh kakak-kakak OSIS.

Kemudian, mereka disuguhkan pertunjukan promosi ekstrakurikuler, di antaranya Paskibra, Rebana, Stesa, PMR, Rebana, ECC, Pramuka dan Pencak Silat. Dilanjutkan bernyanyi bersama hingga waktu pun menunjukkan purnanya acara MATSAMA yang telah berlangsung selama tiga hari itu. Peserta didik baru tampak happy dan enjoy dengan runtutan acara yang telah dikemas kakak kakak OSIS.