MAN Kendal Gelar Super Camp 2023

Kendal, mankendal.sch.id – Pendidikan karakter sangat penting bagi pelajar karena selain mengajarkan pengetahuan akademis, itu juga membantu membentuk sikap, nilai-nilai, dan moral yang baik. Ini membantu pelajar menjadi individu yang lebih bertanggung jawab, peduli terhadap orang lain, dan memiliki integritas. Pendidikan karakter juga membantu mengembangkan kemampuan berkomunikasi, bekerjasama, dan menyelesaikan konflik, yang merupakan keterampilan penting untuk kesuksesan dalam kehidupan pribadi pelajar. Dengan demikian, pendidikan karakter berperan penting dalam membentuk individu yang berkontribusi positif pada masyarakat dan dunia di sekitarnya.

Melihat itu, MAN Kendal dalam rangkaian acara Super Camp 2023 membawa misi konkrit di atas untuk meraih ekspektasi terbaik guru terhadap peserta didiknya. Sabtu-Minggu (7-8/10) lalu menjadi akhir pekan istimewa bagi pelajar kelas sepuluh MAN Kendal dalam pelaksanaannya.

“Sebenarnya dua hari merupakan waktu yang teramat singkat untuk memberikan materi seputar karakter disiplin kepada anak-anak kami. Namun, karena hasil musyawarah kita sepakat memadatkan materi agar lebih efektif dan efisien,” tutur Jalaludin selaku ketua panitia.

Super Camp menjadi wadah bagi peserta didik untuk mendapatkan pengalaman dan pendidikan memorable karena di sini mereka ditempa betul-betul. Hal ini dibuktikan dengan mendatangkan salah satu pemateri dari unsur TNI, di hari pertama peserta didik memperoleh materi Peraturan Baris Berbaris (PBB) langsung dari spesialisnya di lapangan MAN Utara. Melanjutkan materi berikutnya, anggota TNI yang hangat disapa Muhammad Niti memaparkan bela negara, menuangkan spirit nasionalisme kepada peserta didik agar lebih mengenal jati diri bangsanya.

Setelah itu, Pramuka dan PMR MAN Kendal ikut andil secara penuh dalam mengisi materi terkait. Peserta terbagi menyesuaikan materi yang dipilih dan diminatinya, seperti yang diungkapkan Salsabila dalam sesi wawancara, “Meskipun santriwati Ma’had tidak bisa aktif di ekstrakurikuler tapi saya sangat semangat untuk berpartisipasi dan mendapatkan wawasan lebih tentang bidang tersebut,” ujar peserta didik yang juga merupakan santriwati Ma’had Al-Aqwam.

“Hakikatnya tidak ada ilmu yang tiada guna, entah esok atau suatu saat nanti, diri saya di masa depan akan berterima kasih kepada saya yang saat ini tekun belajar tanpa berkeluh-kesah,” sebutnya penuh percaya diri.

Memasuki malam hari, bukan hening yang di dapat justru sorak semangat peserta Super Camp bergemuruh. Terjadwal, mereka melaksanakan doa bersama diiringi penyalaan api unggun sebagai ciri khas dari kegiatan kemah bersama. Selain itu, aksi-aksi unjuk gigi juga tersaji dalam momen tersebut. Mulai dari Ekstrakurikuler Pencak Silat MAN Kendal hingga penampilan-penampilan dari peserta didik itu sendiri.

Menurut informasi yang terhimpun, peserta didik beristirahat dengan aman dan nyaman di dalam kelas yang ditentukan. Perhatian khusus dan penjagaan ketat dilaksanakan oleh wali kelasnya masing-masing yang senantiasa setia mendampingi selama acara berlangsung.

Wahyudin, wali kelas X-K mengatakan bahwa ia dengan sukarela tidur di lantai beralaskan tikar, “Asal anak-anak saya merasa aman, saya tak masalah jika harus tidur di mana saja, bahkan jika itu di lantai sekalipun,” 

Hal tersebut sangat mencerminkan terlaksananya prinsip kooperatif dari segala lini dalam memperjuangkan ketercapaian suatu tujuan kegiatan madrasah, entah itu panitia inti atau bukan, goal-oriented tetaplah prioritas utama sebuah organisasi.

Berbicara kegiatan malam akan kurang afdol jika tidak melaksanakan hiking. Pramuka dan PMR dengan berkoordinasi penuh kepada pihak madrasah menjalankan program hiking sesuai adat masing-masingnya pada dini hari.

“Tujuannya adalah evaluasi diri dan perenungan, mentalitas dan kecerdasan adik-adik kami uji disini!” tegas Rifka, kakak Bantara Pramuka dari kelas sebelas.

Kendati demikian, secara prosedural kakak-kakak kelas dari unsur Pramuka maupun PMR telah menjalankan peran serta dengan baik dan patuh sesuai ketentuan yang berlaku serta menghindari adanya unsur perpeloncoan.

Gelapnya malam pun memudar dengan datangnya sang fajar, menunjukkan cerahnya Minggu pagi hadir membingkai acara. Tibalah akhir dari kegiatan Super Camp 2023, ketika upacara dilaksanakan, nampak raut wajah setengah lelah anak-anak terbaur dalam suasana khidmat pagi itu, menandakan kegiatan Super Camp 2023 akan segera resmi berakhir. (Ivn)