MAN Kendal Adakan Maulid Nabi Muhammad SAW 2023

Kendal, mankendal.sch.id – Maulidurrasul atau sering kita sebut Maulid Nabi Muhammad SAW merupakan peringatan sekaligus perayaan kelahiran sosok figur sentral umat Islam, yakni Nabi Muhammad SAW. Secara substansial, perayaan ini merupakan wujud kegembiraan dan penghormatan bagi beliau, sang Nabi terakhir.

Selaras dengan itu, MAN Kendal adakan peringatan Maulid Nabi Muhammad 1445 H di Asrama Haji, Bugangin pada Selasa (03/10). Kegiatan yang melibatkan seluruh civitas akademika itu diprakarsai penuh oleh OSIS-MPK dan berhasil menghadirkan Kiyai Sajidin Noor dari Cepiring.

Tema yang diusung dalam acara ini adalah “Meneladani Akhlak Nabi Muhammad SAW untuk membangun karakter generasi muda yang religius,” menunjukkan fokus pada pentingnya mengikuti teladan akhlak mulia yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Kepala MAN Kendal, Moh Soef mengatakan bahwa acara ini sangat penting bagi siswa-siswi, “Kehadiran kita semua di sini merupakan ekspresi kegembiraan atas lahirnya Nabi Agung Muhammad, makanya siapa yang bolos saya kira tidak menyatakan ekspresi yang sama” ungkapnya

Di acara inti, Kyai Sajidin Noor menyampaikan pesan penuh hikmah bagi siswa-siswi MAN Kendal, dengan mengajak mereka untuk mengambil teladan dari akhlak mulia Nabi Muhammad SAW. Kyai Sajidin Noor menekankan pentingnya cinta, kedamaian, persaudaraan, dan kemurahan hati dalam menjalani kehidupan sehari-hari. 

Beliau juga berbicara tentang pentingnya pendidikan agama dan moral sebagai landasan yang kuat dalam membangun karakter generasi muda yang religius dan bertanggung jawab. Pesan dari Kyai Sajidin Noor tersebut memberi inspirasi dan motivasi kepada seluruh siswa-siswi untuk lebih mendekatkan diri kepada nilai-nilai agama dan menjadikan ajaran Nabi Muhammad sebagai pedoman dalam kehidupan mereka.

Eksistensi 1200 siswa dalam acara menunjukan bahwa MAN Kendal begitu antusias dalam merayakan kelahiran Nabi Muhammad, dan tentu juga sebagai momen penting untuk meresapi pesan-pesan dalam rangka membentuk karakter generasi muda yang religius dan berakhlak mulia, utamanya dalam mencontoh sang teladan Nabi Muhammad SAW. (Ivn)