Review Standar Operasional Prosedur (SOP) oleh Tim Penyusunan SOP MAN Kendal

Kendal, mankendal.sch.id – Kamis, 27 Oktober 2022 telah dilaksanakan pertemuan tim penyusunan SOP (Standar Operasional Prosedur) yang bertempat di RM Lumintu Kendal.

Untuk diketahui, “SOP merupakan rambu-rambu, yuridis formal, pedoman, panduan bagi para pelaksana pendidikan (dalam hal ini guru dan pegawai MAN Kendal) dalam melaksanakan segala bentuk aktivitas pekerjaannya” tutur Noor Yasin waka Humas. Dapat disimpulkan bahwa SOP ini adalah dalil seorang guru maupun pegawai dalam bertindak menunaikan tugasnya pada lembaga pendidikan.

Maksud dan tujuan daripada pertemuan ini adalah untuk me-review progres penyusunan SOP oleh tim terkait. Dengan dipimpin oleh Hj Ni’matul Badriyah selaku kepala Tata Usaha, rapat dihadiri sebanyak 13 personil yang terbagi menjadi 5 bidang.

Secara bergiliran, mereka mempresentasikan dan membahas aneka ragam SOP yang berbasis MORA, sesuai KMA No 1364 Tahun 2021 tentang Peta Proses Bisnis Kementerian Agama. Penyusunan ini merupakan implikasi dari terlaksananya bimtek SOP yang dilaksanakan oleh Kanwil Kemenag Jateng, September lalu.

Adanya kendala yang berarti pada saat penyusunan, dapat menciptakan ruang diskusi untuk menemukan solusi sebagai bahan perbaikan (revisi) untuk SOP yang dimaksud.

Sebelumnya, telah terbentuk tim penyusunan SOP dengan bidangnya masing-masing. yakni Ketua yang dijabat oleh kepala Madrasah, H Muh Asnawi, dibawahnya terdapat bidang kesiswaan, bidang humas, bidang kurikulum, bidang sarpras, dan bidang tata usaha.