Lomba Musabaqah Tilawatil Qur’an Ke XXIX Tahun 2022 di MAN Kendal

Kendal, mankendal.sch.id – Pemerintah Kabupaten Kendal bersama Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Kendal dan Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Kendal menggelar perlombaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) di MAN Kendal pada Senin hingga Selasa lalu (30-31/05/2022).

Ajang perlombaan yang mengangkat tema Baldatun Toyyibatun wa Robbun Ghofurun ini diikuti seluruh kecamatan se-Kabupaten Kendal.

Acara dibuka pada Senin oleh Bupati Kendal Dico Ganinduto, B.Sc. dengan dimeriahkan oleh tari kreasi baru yang ditampilkan siswi-siswi MAN Kendal. Tak kalah, sajian produk UMKM binaan Kemenag Kendal, produk Ibu guru Dharma Wanita MAN Kendal serta batik milik Tata Busana MAN Kendal tampak berjajar dalam stand-stand bazar.

Sebagai informasi, ada 6 bidang MTQ yang diperlombakan, meliputi Tilawah Dewasa, Tilawah anak-anak, Tilawah Remaja, Tahfidz 1 Juz, Tahfidz 5 Juz dan Syarhil Qur’an.

Setelah pembukaan selesai, Tilawah Dewasa mengawali lomba di hari pertama, disusul bidang lomba lain di hari berikutnya. Antusias dari peserta begitu hidup, mereka saling bersaing untuk menjadi yang terbaik dalam lomba bergengsi ini.

Pengumuman pemenang dilaksanakan bersamaan dengan penutupan acara. Secara mengejutkan Kecamatan Kendal menyabet juara umum 1, diikuti Kecamatan Cepiring juara kedua, dan Kecamatan Kaliwungu Selatan sebagai juara ketiga.

“Terima kasih kepada setiap unsur yang telah mensukseskan acara ini, sudah tentu pelaksanaan ini atas kerja keras panitia yang profesional dan sistematis.” sambut Sekda Pemkab Kendal, Ir. Sugiono mewakili Bupati Kendal.

“Selamat atas prestasi yg diraih, bagi yang menang jangan mudah berpuas diri, begitu juga yang belum diberi kesempatan untuk menang, terus berlatih dan jangan berputus asa!”

Ia menambahkan, “Ini bukan tujuan akhir, melainkan merupakan start untuk bisa berlatih lagi secara intensif. Saya berharap para juara ini yg nanti akan maju ke provinsi, nanti diadakan training center (TC) secara intensif untuk ditingkatkan lagi, karena bapak bupati berharap dari saringan ini dapat diperoleh juara-juara nasional nantinya”.
“Alhamdulillah, lomba MTQ ke-29 secara resmi ditutup, Semoga Allah senantiasa menjaga umat islam yang Qur’ani dalam rangka mencapai Baldatun Toyyibatun wa Robbun Ghofurun” tutupnya. (Ivn/Noor Yasin)