Pembekalan Magang Siswa Pendidikan Keterampilan Angkatan Ke-34

Kendal, mankendal.sch.id – Sejumlah siswa-siswi Pendidikan Keterampilan MAN Kendal angkatan Ke-34 resmi dilepaskan untuk terjun melaksanakan kegiatan magang, pada Sabtu (11/06/2022) lalu di aula MAN Kendal.

Noor Yasin, M.Pd selaku instruktur Program keterampilan otomotif yang sekaligus menjabat sebagai Waka Humas memaparkan “Setidaknya terdapat 4 program keterampilan yang melaksanakan kegiatan magang ini, yakni 35 siswa program Tata Busana, 36 siswa program Otomotif, 35 siswa program Teknik Audio Video (TAV) serta 35 siswa program Multimedia”

Ia juga menambahkan mengenai lokasi siswa-siswi mengasah keterampilannya, tersebar di seluruh wilayah Kendal dan Semarang, “Tempatnya tersebar di seluruh wilayah Kendal dan Semarang, untuk Otomotif terdapat 37 tempat, Tata Busana 14 tempat, TAV 12 tempat, dan Multimedia 14 tempat magang”.

Dalam sesi pembekalan, Selaku Waka Kesiswaan H. Sunardi, M.Ag memberikan 3 prinsip penting yang harus dipegang teguh oleh siswa-siswi yang akan melaksanakan magang, “Pertama kedisiplinan, anak-anak mengedepankan kedisiplinan dalam bekerja, disiplin dalam ibadah, buktikan kalau anak-anak man itu tepat waktu saat ibadah”.

“Kedua adalah kejujuran, dan pelayanan yang baik, artinya konsumen apapun nanti dilayani yang baik dan sopan” ujar guru mata pelajaran bahasa Arab tersebut.

Di kesempatan yang sama, Drs. H. Muh. Asnawi, M.Ag selaku kepala madrasah menyampaikan nasehat-nasehat bijak kepada anak-anaknya, “Bekal terbaik adalah taqwa, hidup itu hanya sekali, jangan sampai pada diri kita terdapat kotoran sedikitpun, selalu berpikir positif apapun situasinya. Meskipun dalam keadaan pandemi, tetaplah belajar selain itu juga giat bekerja, learning by doing.

“Nilai jual dari diri kalian lah yang dinilai, dan yang diperdagangkan. Maka akhlak menjadi perihal utama yang perlu kalian pegang. Perhatikan hal-hal kecil, seperti merapikan sepatu, merapikan tempat kerja, memperhatikan penampilan diri, kedisiplinan diri” imbuhnya.

Seperti diketahui, Pelaksanaan magang ini merupakan kali pertama dicanangkan usai vakum selama 2 tahun. Diharapkan dalam suasana longgar pasca menurunnya kasus Covid-19 ini siswa-siswi magang angkatan ke-34 dapat memaksimalkan kesempatan yang tidak didapat kakak kelasnya. Mereka akan digodok 3 bulan lamanya kedepan. (Ivn/Noor Yasin)