Pembukaan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin 2023/2024

Kendal, mankendal.sch.id – Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin (P5+P2RA) kelas X (sepuluh) secara resmi dibuka hari ini, Senin (04/09) di Aula MAN Kendal. Mengangkat Tema Kewirausahaan, kegiatan ini dipelopori oleh Guru Fasilitator yang telah ditunjuk madrasah melalui Tim Kurikulum.

Topik yang dibawa kali ini adalah “Menjadi Wirausaha yang Mandiri, Dinamis dan Inovatif.” tentu hal ini secara khusus menyasar kepada pembentukan karakter siswa-siswi, seperti yang dikatakan oleh wakil kepala madrasah bidang akademik, Nur Fuat,

“Diharapkan peserta didik nantinya dapat memiliki karakter yang mandiri, seperti seorang pengusaha, wirausahawan yang pantang menyerah untuk terus bangkit dalam mencapai tujuannya,”

Menurutnya, karakter yang demikian wajib dimiliki siswa sebab perkembangan zaman yang begitu pesat membutuhkan sosok-sosok yang dinamis dan inovatif, salah satunya dapat dicapai dengan pondasi karakter kokoh dan pantang menyerah.

Dalam kesempatan yang sama, Moh Soef selaku kepala madrasah memberikan motivasi yang membangun kepada peserta didik,
“Jika ingin sukses ya harus percaya diri dengan impian, lalu kita manifestasikan menjadi usaha maksimal dan tidak lupa berdoa kepada Sang Pencipta, bukan malah main gadget terus sepanjang waktu tanpa tau faedahnya”

Kepala MAN Kendal yang berasal dari Purwodadi itu menyoroti tingkah laku peserta didik yang menaruh perhatian penuh ke layar ponsel saat ada guru berbicara kepadanya.

Setelah sambutan demi sambutan, guru-guru fasilitator mulai memperkenalkan dirinya masing-masing guna menjalin komunikasi yang efektif ke depan dengan peserta didik yang diampunya. Acara pun ditutup dengan doa yang dipimpin langsung oleh Ali Najib.

Oleh: Ivan Maulana Azhar Muttaqin, S.Pd.