Wisuda Peserta Didik Kelas XII MAN Kendal Tahun Pelajaran 2022/2023

Kendal, mankendal.sch.id – Sabtu, 20 Mei 2023 lalu menjadi momen berharga dan bersejarah bagi siswa-siswi kelas XII tahun pelajaran 2022/2023. Sebuah  momen yang selalu menjadi impian dan akan menjadi kenangan tersendiri. Ya, pada hari itu Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kendal menggelar Wisuda dan Pelepasan Siswa-Siswi Kelas XII.

Mengambil tempat di asrama haji yang berlokasi di sebelah barat daya MAN Kendal utara, siswa-siswi kelas XII tampil beda. Siswa putra dengan dandanan jaz hitam dan celana gelapnya tampak gagah berwibawa.  Sementara siswa putri kelihatan indah dengan pakaian kebaya yang  demikian memesona dan sebagian besar mangklingi

Acara dimulai dengan arak-arakan para siswa-siswi kelas XII dari MAN Kendal lokasi utara. Mereka berjalan secara runtut menuju lokasi utama, Asrama Haji didampingi Bapak Sunardi, Bapak Akhmad Khatib, dan Bapak Aslam Kussatyo selaku seksi acara.

Memasuki lokasi prosesi, peserta wisuda duduk sesuai kelasnya masing-masing. Acara dibuka oleh Aida Rahmawati dan Annisa Nur Hidayati selaku pembawa dan pemandu acara. Selesai pembukaan dilanjutkan pembacaan ayat suci Alquran oleh ananda Naila Nihayatul Ulya, siswi kelas XII Agama.

Berikutnya acara sambutan-sambutan. Diawali sambutan yang pertama oleh Edi Susanto selaku ketua panitia. 

“Terima kasih untuk semuanya. Segala unsur, semua pihak yang telah mendukung terlaksananya acara ini hingga sukses saya sampaikan terima kasih yang sedalam-dalamnya. Dengan limpahan rasa syukur yang tiada terkira, alhamdulillah sampai detik ini kita semua dapat bertatap muka dalam gedung yang megah ini, tak lain sama-sama merayakan wisuda putra-putri kita, siswa-siswi kelas XII,” tuturnya.

Muh Asnawi selaku kepala madrasah juga memberikan apresiasi kepada panitia dan peserta didik kelas XII yang telah sampai di titik ini. Mereka benar-benar akan beranjak meninggalkan madrasah dan menggapai cita-citanya masing-masing.

Dalam kesempatan yang sama, Kakankemenag Kabupaten Kendal Mahrus memberikan motivasi kepada peserta didik kelas XII.

“Untuk adik-adikku, saya ucapkan selamat atas pencapaian kalian. Tetap semangat jangan pernah berhenti untuk belajar dan mengembangkan diri kalian di manapun kalian berada,” pungkasnya.

Aksi paduan suara MAN Kendal yang dinahkodai guru kesenian, Fadli Dzil Ikram juga turut meramaikan riuhnya acara. Tim yang terdiri dari siswi kelas 10 dan 11 tersebut melebur dalam irama yang mereka mainkan dengan penuh keriangan dan suka cita.

Di tengah-tengah acara, diisi selingan berupa  Tari Sesonderan, aksi baca puisi, dan fashion show hasil karya dari siswi keterampilan tata busana kelas XII. Sajian busana muslimah yang begitu apik nan elegan dengan bermacam varian ditayangkan dalam panggung. Sontak hadirin pun bertepuk tangan kencang menyemarakkan penampilan mereka.

Memasuki acara inti, tiap-tiap kelas dipanggil sesuai urutannya untuk maju ke depan panggung. Mereka satu persatu diberikan samir dan dokumen ijazah sebagai simbol tanda purnanya mereka belajar di madrasah oleh wali kelas masing-masing.

Sebagai penutup, Diaz Widyastuti penyanyi handal MAN Kendal yang juga peserta wisuda menyanyikan lagu terakhirnya sebagai siswi MAN Kendal. Aksi tersebut membuat Ibu-ibu guru seketika maju dan duduk di kursi paling depan untuk sekadar mendengarkan suara merdu Diaz secara langsung untuk yang terakhir.

Suasana haru tampak menyelimuti segenap hadirin dalam acara tersebut, termasuk bapak-ibu wali siswa yang membersamai hingga usai. Kehadiran mereka semata sebagai bentuk pengejawantahan rasa bangga kepada anak-anak mereka yang telah berhasil menyelesaikan studinya. (Ivn)