MAN Kendal Ikuti Upacara Hardiknas dan Halal Bihalal

Kendal, mankendal.sch.id – Selasa, 2 Mei 2023 Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kendal lalu melaksanakan upacara memeringati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2023.

Agenda tersebut merupakan event di hari pertama masuk sekolah setelah libur lebaran.

Selaku inspektur upacara, H Muh. Asnawi menyampaikan amanat dari Mendikbud Ristek Nadiem Makarim terkait refleksi penerapan kurikulum Merdeka Belajar.

“Sebanyak 24 episode Merdeka Belajar yang telah diluncurkan membawa kita semakin dekat dengan cita-cita luhur Ki Hajar Dewantara, yaitu pendidikan yang menuntun bakat, minat, dan potensi peserta didik agar mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya sebagai seorang manusia dan sebagai anggota masyarakat.”

“Anak-anak kita sekarang bisa belajar dengan lebih tenang karena aktivitas pembelajaran mereka dinilai secara lebih holistik oleh gurunya sendiri,” tegasnya pada upacara yang digelar di halaman MAN Kendal lokasi Selatan itu.

Selesai upacara, peserta didik diarahkan untuk bermushafahah atau bersalam-salaman dengan guru maupun antarsiswa itu sendiri.

Kegiatan ini merupakan tradisi yang setiap tahun diadakan di sekolah pasca idul fitri.

“Alhamdulillah mas, meskipun kelas XII sudah selesai dan tinggal menunggu pengumuman kelulusan, tapi kami senang bisa kembali berangkat untuk mengikuti agenda hari ini,” ungkap Atika, siswi kelas XII MIPA 5.

“Lumayan, selain bisa bermaaf-maafan dengan segenap warga madrasah, juga dapat bonus uang saku dari emak, ulalalaaaa,” imbuhnya gembira.

Hadir dalam kegiatan tersebut seluruh civitas akademika MAN Kendal, termasuk seluruh siswa-siswi yang mengenakan seragam OSIS lengkap. (Ivn)