Pembukaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Rahmatan Lil Aalamiin (P5-R) Tema 3 : Gaya Hidup Berkelanjutan

Kendal, mankendal.sch.id – Setelah 2 (dua) tema dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Rahmatan Lil Aalamiin tuntas dilaksanakan, kali ini giliran tema 3 (tiga) yang secara resmi dibuka pada Senin 27 Februari 2023 lalu oleh Kepala MAN Kendal Muh Asnawi.

“Mudah-mudahan Allah meridhai langkah kita hari ini dan seterusnya. Dengan mengucap bismilaahir rahmaanir rahiim, saya nyatakan kegiatan P5R Tema 3 ini dibuka..” ucap Muh Asnawi saat meresmikan acara di Aula MAN Kendal.

Hadir dalam acara pembukaan P5R wakil kepala madrasah bidang akademik Nur Fuat, wakamad bidang kesiswaan Sunardi, para guru fasilitator serta peserta didik kelas X MAN Kendal.

Mengangkat tema Gaya Hidup Berkelanjutan, keempat belas guru fasilitator yang dikoordinatori Aida Rahmawati telah menyiapkan sejumlah aktivitas yang akan menunjang pembelajaran peserta didik kelas X MAN Kendal di luar kelas.

“Anak-anak bisa segera presensi. Setelah acara pembukaan kita akan menyegarkan jiwa dan raga kita dengan ber-outbound ria terlebih dahulu. Setelah itu kita akan mulai mengerjakan tahap demi tahap proyek berbasis produk, yakni membuat pupuk kompos dari sampah organik atau limbah rumah tangga,” papar Aida memberikan sedikit spoiler kepada peserta didik.

Untuk diketahui, pelaksanaan P5R yang merupakan bagian otentik kurikulum merdeka ini akan menghabiskan waktu 2 minggu lamanya.

“Kami sangat menikmati pembelajaran di luar kelas seperti ini. Jadi tidak metenteng dan spaneng di dalam kelas terus. Kami berharap, ilmu yang kami dapat bisa bernilai guna untuk kehidupan berkelanjutan di masa mendatang,” ujar Tassy, siswi kelas X-1 antusias.

Acara ditutup dengan pembacaan doa yang dipimpin Ali Najib. Berharap kepada Allah SWT agar serangkaian aktivitas P5R Tema 3 kali ini diberikan kelancaran tanpa hambatan yang berarti. (ivn)