HUT MAN Kendal Ke-45: Rangkaian Acara Digelar

Kendal, mankendal.sch.id – Hari Ulang Tahun (HUT) Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kendal Ke-45 jatuh pada tanggal 16 Maret 2023. Dalam rangka memeriahkan hari jadi tersebut, MAN Kendal menggelar serangkaian acara.

Dimulai pada 1 Maret lalu, Palang Merah Remaja (PMR) Wira MAN Kendal bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Kendal mengadakan Donor Darah Sukarela. Menggunakan tempat di aula, Donor Darah dibuka untuk kalangan warga madrasah.

“Alhamdulillah, Donor Darah masih menjadi kegiatan yang wajib ada dalam perhelatan acara HUT MAN Kendal dari tahun ke tahun. Semoga berkah untuk semua.” ungkap Jalaludin selaku pembina PMR Wira MAN Kendal.

Tidak terlewatkan, MAN Kendal juga menyelenggarakan Kompetisi Akademik dan Non-akademik bagi internal siswa maupun eksternal. Adapun lomba pertama yang digelar pada 7 maret, yakni Lomba Cerdas Cermat (LCC). 

LCC yang mengikutsertakan siswa menempati gedung aula, sedangkan dua Laboratorium (Lab) Komputer digunakan untuk LCC yang diikuti oleh peserta dari SMP/MTs Se-Kabupaten Kendal dan sekitarnya.

“Meskipun digelar dalam waktu yang bersamaan, alhamdulillah semua dapat terkendali dengan baik, kondusif dan sesuai rencana,” tutur Anas Tohari, koordinator LCC Eksternal.

Di hari berikutnya, Rabu 8 Maret Kompetisi Non-akademik dilaksanakan. Adalah Lomba Pidato Bahasa Arab dan Bahasa Inggris, kompetisi ramai dihadiri peserta dari berbagai SMP/MTs seluruh Kab. Kendal.

Berikut adalah hasil perolehan juara Kompetisi Akademik dan Non-akademik:

Akademik

LCC Internal

  1. X-2 (Juara I)
  2. X-12 (Juara II)

LCC SMP/MTs Tingkat Kab. Kendal dan Sekitarnya

  1. MTs NU 07 Patebon
  2. MTs N 2 Kendal
  3. MTs NU 24 Darul Ulum Patebon

Non-akademik

Pidato Bahasa Arab SMP/MTs Tingkat Kab. Kendal dan Sekitarnya

  1. Fajar Bagaskara (MTs N 2 Kendal)
  2. Najwa Archita Z (SMPS Darul Muqorrobin)
  3. Nayla Vega Azhari (MTs N 2 Kendal)

Pidato Bahasa Inggris SMP/MTs Tingkat Kab. Kendal dan Sekitarnya

  1. A Bier Riyani (MTs N 2 Kendal)
  2. Cintya Sri Ayusya (SMP N 3 Kaliwungu)
  3. Ata Fairuz Sakna (MTs NU 08 Gemuh)

Juara Lomba Konten Kreatif Instagram Tingkat Smp/Mts Se-Kab Kendal

  1. Nidania Isna Nauli – SMP N 1 Weleri
  2. Juliana Safinatunnajah – SMP N 2 Brangsong
  3. M. Rashya Kinza Wafi – SMP N 1 Kaliwungu

Berlanjut, Kamis 16 Februari 2023 lalu Ma’had Al-Aqwam ikut ambil bagian dalam menyemarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) MAN Kendal Ke-45.

“Alhamdulillah telah kami laksanakan Khotmil Quran sebagaimana mestinya. Santriwan-santriwati Ma’had Al-Aqwam ikut berkontribusi meramaikan HUT MAN Ke-45 Kendal sesuai dengan bagian kami,”

Lebih lanjut, Pelaksanaan dimulai setelah sholat Ashar. Diikuti segenap santriwan-santriwati Ma’had Al-Aqwam dan Ustadz-ustadzah.

Puncak acara HUT MAN Kendal Ke-45 digelar di aula, Jumat (17/03). Ragam penampilan disajikan seperti aksi tarik suara 2 penyanyi istimewa MAN Kendal, hingga Seni Tari Sesonderan. Pemotongan Tumpeng, Penyerahan Hadiah Lomba dan peresmian Perpustakaan Digital menjadi agenda utama dalam Tasyakuran ini.

Turut hadir dalam acara, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Kendal, H. Mahrus, M.Pd.I., H Wahidi, M.Pd.I., selaku pengawas madrasah, pimpinan komite MAN Kendal hingga pemenang lomba dari internal siswa maupun eksternal siswa-siswi SMP/MTs.

Hari Ulang Tahun (HUT) Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kendal Ke-45 ini terbilang spesial. Pasalnya, MAN Kendal banyak mendapatkan ucapan selamat yang datang dari berbagai pihak, seperti dari Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Kendal H. Mahrus, M.Pd.I., Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Kendal Erny Veronica Maramba, S.H. M.Hum., Kapolres Kendal AKBP Jamal Alam H, S.H., S.I.K., M.Si.,

Dan tidak ketinggalan, datang dari Ketua DPRD Kab. Kendal H. Muhammad Makmun, S.H.I., yang mana beliau adalah alumni MAN Kendal. (Ivn)