Santri Mahad Al Aqwam Manfaatkan Waktu Liburan dengan Aneka Kegiatan

Kendal, mankendal.sch.id – Madrasah Aliyah Negeri Kendal sejak tanggal 13 lalu hingga 28 Maret mendatang, sedang melaksanakan Asesmen Madrasah Berbasis Kertas Pulpen (AMBKP) Tahun 2023 untuk kelas XII. Terkait kegiatan tersebut menjadi berita gembira bagi siswa-siswi kelas X dan kelas XI karena libur.

Libur kali ini bertepatan dengan libur awal Ramadhan yang diperkirakan jatuh pada tanggal 23 Maret 2023. Artinya, mereka selama kurang lebih 2 minggu kedepan bisa belajar di rumah.

Memanfaatkan waktu libur, santri-santriwati Ma’had Al Aqwam kelas X dan XI melaksanakan sejumlah agenda rutin. 

“Selama kelas XII melaksanakan Asesmen Madrasah, Ma’had Al Aqwam menyelenggarakan berbagai kegiatan yang tentunya bermanfaat bagi santri,” ucap Ustadzah Ulif Farida.

Dimulai dengan shalat dhuha berjamaah kala terbit matahari mulai terang, dilanjutkan membaca surah Yasin, Al Waqiah dan Al Mulk serta kegiatan percepatan hafalan yang dibimbing oleh musyrif-musyrifah masing-masing firqah.

Setelahnya, santri-santriwati mengikuti kajian kitab-kitab. Di antaranya Kitab Fasholatan, Bidayatul Hidayah, Ta’lim Muta’alim, At-Tibyan Fii Adabi Hamalatil Qur’an. Di sela-sela waktu tersebut Organisasi Santri Ma’had Al-Aqwam (OSMA) pun turut ikut memberikan serangkaian ice breaking penyegar bagi santri-santriwati.

“Hari selasa hingga kamis kita mengaji kitab. Jumatnya jalan sehat bersama ustadz-ustadzah, kemudian senam di sabtu pagi dan di hari Ahad kita Roan Akbar tuk menyambut perpulangan awal ramadhan ,” tutur Azkya, Divisi Dekdok OSMA.

Tak bisa kita pungkiri. Menghabiskan waktu libur dengan bersenang-senang memang menyenangkan. Namun memanfaatkannya untuk berkegiatan positif lebih menenangkan batin bukan? (Ivn)