Meriah, MAN Kendal Gelar Pesantren Ramadhan 1443 H

Senin, 18 April 2022, Dimulailah kegiatan pesantren Ramadhan di MAN Kendal. Pelakasanaan kegiatan ini sendiri berada di dua tempat, yaitu di Masjid MAN Utara bagi siswa Reguler dan aula MAN Kendal bagi siswa Ma’had Al-Aqwam.

Adalah Bapak Kepala Madrasah, Drs. H. Muh. Asnawi, M.Ag bertindak sebagai penyaji materi pada kegiatan pembuka ini di Masjid MAN Utara. Para santri yang terjadwal hari ini adalah mereka yang duduk dibangku kelas X (sepuluh) MIPA 1 (satu) sampai dengan MIPA 4 (empat). Mereka begitu khidmat mengikuti kegiatan yang bertajuk, “Pembentukan karakter Siswa Melalui Pendidikan Keagamaan” tersebut.

Dipaparkan oleh bapak Kepala Madrasah beberapa hikmah berpuasa, antara lain, puasa melatih karakter disiplin, membimbing dan wahana solidaritas, dan puasa mengajarkan kita untuk melatih kesabaran. Diharapkan siswa siswi MAN Kendal dapat mengambil pelajaran dari ibadah yang dijalankannya.

Ditempat lain, para santri Ma’had Al-Aqwam juga ikut melaksakan pesantren ramadan. Mengangkat tema, “Puasa Totalitas, Ramadhanku Berkualitas, Belajarku Tuntas” materi disajikan hangat oleh Kiai Ali, S.Pd.I

Ia mengajak santriwan santriwatinya untuk tidak meremehkan kegiatan duduk mendengarkan ceramah dari seorang kiai. “Duduk satu jam atau sesaat di majelis ilmu, kamu tidak membawa bolpoin dan kamu tidak menulis satu huruf pun lebih baik daripada memerdekan seribu budak” terang Kiai Ali, S.Pd.I selaku penyaji materi.

Puncaknya, hari Sabtu (23/04) digelarlah Nuzulul Qur’an dan Buka Bersama MAN Kendal. Seluruh elemen warga madrasah: dari Kepala Madrasah, Wakil kepala madrasah, Kepala Tata Usaha, OSIS, dan Ma’had Al-Aqwam nampak memenuhi aula kala acara berlangsung.

Akhir acara, kegiatan ditutup dengan buka bersama di halaman MAN Selatan. Kemeriahan serangkaian acara pesantren ramadan tahun ini di MAN Kendal begitu membekas bagi para warga madrasah, dan menjadi momentum terbaik untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. (Ivn/Noor Yasin)