Pemilihan Ketua OSIS dan MPK di MAN Kendal: Langkah Demokrasi Madrasah

Kendal, mankendal.sch.id – Bertempat di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kendal Lokasi Selatan telah digelar sebuah agenda penting dalam dunia akademik dan kesiswaan. Selama dua hari, Selasa-Rabu, 12-13 September 2023, diadakan pemilihan Ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) dan Majelis Perwakilan Kelas (MPK) untuk periode 2023/2024.

Acara yang dihadiri oleh kepala madrasah dan para stafnya, guru fasilitator, serta seluruh siswa-siswi, selain bertujuan untuk menerapkan budaya demokrasi dalam menentukan pemimpin yang akan menahkodai OSIS dan MPK dalam satu tahun ke depan.

Hari pertama pemilihan ini dimulai dengan orasi dari tiga pasang calon Ketua OSIS-MPK. Yaitu Muhammad Adam Gian Rahagie-Laudya Cindy Claresta dengan nomor urut 1, berdiri di sebelahnya adalah Salsa Ezza Pramudya-Nazilatun Nafisah untuk nomor urut 2, dan Ananda Silvia Yunina-Rifka Aulia Rahma untuk pasangan calon ketua OSIS-MPK nomor urut 3. Mereka mempresentasikan visi dan misi mereka kepada seluruh warga madrasah. 

Sementara itu, suasana semakin meriah dengan bazar produk UMKM yang dikelola oleh siswa-siswi kelas sepuluh (X). Dari informasi yang terhimpun, kegiatan tersebut merupakan aksi gelar karya dari rangkaian projek kurikulum merdeka yang telah mereka lalui dua minggu ini. Bazar ini menawarkan berbagai produk, mulai dari jajanan kekinian hingga batik jumput buah hasil kreativitas peserta didik bersama guru fasilitator. 

“Senang rasanya, dibimbing bapak-ibu guru membuat batik jumput hingga jadi, hasilnya pun memuaskan,” tutur Nida Nia siswi kelas X-A.

Ia menambahkan, selain hasil karyanya yang memuaskan hingga memiliki nilai jual, dari kegiatan ini ia diajarkan arti penting dalam berwirausaha.

“Endingnya itu kami diajarkan untuk sabar dalam belajar dan berproses, yang kemudian di akhir kami masih harus berjuang untuk memasarkan hasil produknya. Ini bagus sih!” pungkasnya.

Hari kedua, Rabu, 13 September 2023, merupakan acara inti dari pemilihan. Seluruh peserta didik, bersama dengan guru dan pegawai, berhak memberikan suara mereka dalam menentukan siapa yang akan memimpin OSIS dan MPK periode 2023/2024.

Dari pemilihan tersebut menghasilkan sejumlah suara terbanyak. Adalah pasangan nomor urut 1, Laudya Cindy Claresta-Adam Gian Rahagie berhasil menduduki posisi pertama dan mendapatkan sebanyak 403 suara dari total 1213 pemilih. Hal ini menjadikan mereka ketua OSIS-MPK terpilih periode 2023-2024.

Di Posisi kedua ada pasangan nomor urut 3, Ananda Silvia-Rifka Aulia Rahma dengan perolehan 374 suara. Sedangkan 362 suara lainnya diraih oleh pasangan nomor urut 2, Eza-Dhini. Kendati demikian prosesi penghitungan suara berjalan cukup kondusif dan efektif.

“Dua hari berlalu, kami telah selesai melaksanakan tugas orasi dan pencoblosan pilketos yang rasanya campur aduk. Antara capek, sedih, dan senang karena kita sebagai panitia kelas XII telah menyelesaikan program kerja kita yang terakhir. Terimakasih!” ungkap salah satu panitia pemilihan ketua OSIS yang hangat di sapa Sasa.

Pemilihan ini bukan hanya sekadar agenda rutin, melainkan sebuah langkah penting dalam membentuk kepemimpinan di lingkup madrasah. Budaya demokrasi yang diterapkan dalam proses ini menjadi sebuah pembelajaran berharga bagi seluruh siswa, memupuk rasa tanggung jawab dan partisipasi dalam kehidupan sekolah.

Dengan semangat demokrasi yang berkobar, MAN Kendal berkomitmen untuk memberikan pemimpin terbaik yang akan mewakili suara dan aspirasi seluruh siswa. Semoga pemimpin yang terpilih mampu membawa perubahan positif bagi madrasah ini dan memberikan kontribusi yang berarti.

Oleh: Ivan Maulana Azhar Muttaqin, S.Pd.