Giat RAT Koperasi Warga Sejahtera MAN Kendal 2023

Kendal, mankendal.sch.id – Keberlangsungan sebuah organisasi agar lebih solid dan akomodatif perlu ditunjang kepengurusan yang solid pula. Maka ketika ada penyegaran kepengurusan menjadi hal yang jamak dan sangat diharapkan semua pihak.

Sejalan dengan harapan itu, Koperasi Warga Sejahtera MAN Kendal menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) pada Sabtu, 14 Januari 2023 lalu.

Bertempat di aula, acara dihadiri oleh seluruh anggota koperasi, termasuk anggota yang sudah purna. Bu Endang contohnya. Beliau adalah guru yang pernah mengajar di MAN Kendal walaupun harus mutasi menjadi guru SMA hingga purna tugasnya. Kendati demikian, ia masih eksis dalam keanggotaan.

Ketua koperasi Joko Subagyo dalam sambutannya menuturkan betapa berharganya asosiasi ini.

“Meski koperasi kita sudah tak berbadan hukum, tetap perlu kita pertahankan karena ini untuk kepentingan kita bersama, kesejahteraan segenap anggota,” paparnya.

Secara rinci dijelaskan bahwa koperasi milik madrasah ini murni hanya koperasi simpan pinjam dan menjadi alternatif atau solusi finansial bagi anggotanya.

“Apabila bapak ibu membutuhkan pinjaman uang, sudah kami sediakan sesuai kebutuhan dan keadaan, terserah mau yang bulanan, tahunan dan sebagainya,” imbuhnya.

Sementara pengawas koperasi Sukiryadi menegaskan, sungguh beruntung jika menjadi anggota koperasi Warga Sejahtera MAN Kendal.

“Cocok banget, terutama bagi para lajang yang mau nikah, bisa mendaftar sebagai anggotai. Insyaallah nggak serumit bank. Simpel persyaratannya, tinggal sebut nama, jumlah uang, langsung cair, beres!” seloroh Pak Didik, sapaan akrab suami Bu Rini Fayati itu sambil mesam mesem.

Muh Asnawi selaku kepala madrasah sangat berharap peran koperasi yang sudah terbukti membawa kontribusi positif di bidang finansial, utamanya warga madrasah.

“Meskipun tidak berbadan hukum saya berharap koperasi warga sejahtera MAN Kendal tetap akuntabel dan amanah dalam mensejahterakan anggota. Ini cukup menarik, semoga anggota koperasi warga sejahtera seperti namanya, yakni sejahtera,” pungkasnya menutup sambutan.

Acara berlanjut dengan Laporan Pertanggung Jawaban pengurus dan pelaporan keuangan. Di akhir sesi diisi proses pemilihan umum calon kandidat pengurus baru diikuti segenap anggota.

Hasilnya, H Solikin mendapatkan suara terbanyak sebagai ketua koperasi Warga Sejahtera masa bhakti 2023-2025. Sementara Aida Rahmawati dan Eko Kustianingsih masih menempati posisi lamanya sebagai sekretaris dan bendahara. Posisi pengawas yang ditinggalkan Pak Didik diisi Ibu Titi Dwiyanti. Selamat dan Sukses untuk semuanya. (Ivn/Eyang)