Upacara Bendera Peringatan Hari Pahlawan 2022

Kendal, mankendal.sch.id – Hari ini, 10 November 2022 dalam rangka memperingati Hari Pahlawan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kendal melaksanakan upacara bendera di halaman kampus MAN Kendal Selatan.

Mengenakan batik merah berpeci untuk bapak-bapak dan berkerudung merah cantip untuk ibu guru-pegawai, secara lengkap mereka hadir dalam barisan.

Sementara, siswa-siswi MAN Kendal yang tetap mengenakan seragam identitasnya berjajar sesuai kelasnya masing-masing.

Tema Hari Pahlawan pada tahun ini adalah “Pahlawanku Teladanku” yang bermakna teladan dari para pahlawan bangsa yang telah merasuk sukma, kiranya menjadi semangat di peringatan tahun ini. (kompas)

Dalam sambutannya, kepala MAN Kendal H Muh Asnawi meyakinkan kepada para peserta upacara jika para pejuang mempercayakan bangsa ini kepada kita, penerus mereka. “Para pejuang sepenuhnya percaya bahwa masa depan adalah milik kita”

“Mereka telah berkorban sampai titik darah penghabisan, untuk kemerdekaan yang sesungguhnya dan bukan pemberian dari siapapun. Melainkan berkat dan rahmat dari Allah SWT”

Menurutnya, hari ini kita para generasi penerus bangsa telah berhadap-hadapan dengan tantangan yang nyata, seperti pemanasan global yang memicu bencana alam. Kelangkaan pangan, energi, air bersih, kiranya perlu kita persiapkan dengan sungguh-sungguh.

Kita sesungguhnya memiliki modal dasar untuk menjadi bangsa pemenang, jika kita bisa bergerak dan maju bersama dengan tekad yang sama, maka hakikat daripada kemerdekaan itu sendiri sudah berada pada diri kita.

Untuk itu kita harus melaksanakan pemanfaatan dan pengembangan energi baru dan terbaharukan. Melakukan tambahan sumber pangan berbasiskan potensi dan kearifan lokal sebagai solusi pemenuhan kebutuhan pangan dan memperkuat peradaban.

Usai serangkaian acara terlewati, H Muh Asnawi didampingi Ustadz Khatib Roisul Mahad Al-Aqwam menyerahkan piala juara 2 lomba hadroh dan harapan 1 lomba karnaval hari santri nasional (HSN) tingkat kabupaten Kendal kepada perwakilan siswa. 

Seperti diketahui sebelumnya, MAN Kendal berpartisipasi aktif dalam ajang perlombaan yang dilaksanakan oleh Forum Komunikasi Pondok Pesantren (FKPP) bekerjasama dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kendal, 16 sampai dengan 27 Oktober lalu.