HUT Ke-44 MAN Kendal

Kendal – Rangkaian acara HUT Hut ke-44 MAN Kendal menyajikan berbagai kegiatan yang menarik. Agenda dimulai dengan aksi Donor Darah tanggal 1 Maret, dan Alhamdulillah telah terkumpul 43 kantong darah golongan A & B. Donor darah ini diikuti oleh guru, pegawai dan siswa.

Selanjutnya berturut-turut Lomba Badminton antar guru MAN Kendal, Lomba Non Akademik seperti Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ), Pelatihan Robotik, Pidato Bahasa Arab, Pidato Bahasa Inggris yang digelar Rabu (09/03) di MAN Kendal, dan Lomba Akademik Mapel IPA, IPS dan Matematika tingkat SMP/MTs Se-Kabupaten Kendal berlangsung via daring yang dilaksanakan bersamaan dengan Sarasehan.

Acara puncak HUT di tutup dengan Tasyakuran dan Peresmian gedung SBSN tahun 2021.

Sarasehan yang dilaksanakan Senin (14/03) menjadi ajang dan wahana reuni bagi sebagian alumni MAN Kendal yang diundang. Menempati aula MAN Kendal, acara ini menghadirkan 3 narasumber yang kompeten. Ketiga narasumber adalah Dr. Utomo, M.Pd Pengawas SMA Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah, untuk narasumber selanjutnya adalah alumni MAN Kendal, yaitu Dr. Raharjo M.Ed, St., Dosen UIN Walisongo Semarang dan Mahfud Amin, pengusaha dan owner Kopikado di Jawa Timur.

Selasa (15/03) acara dilanjutkan dengan kegiatan Pameran dan Pentas Seni yang diikuti oleh guru-guru dan seluruh siswa MAN Kendal.

Rumpun MIPA, IPS, Agama, Bahasa, dan Keterampilan Otomotif, Elektronika, Tata Busana, serta Multimedia tampak mengisi stand-stand pameran yang tersedia. Dalam kegiatan pameran siswa siswi sangat antusias dalam menampilkan hasil-hasil produk pembelajaran, sekaligus juga menampilkan bazar.

Sementara diajang pentas seni, siswa-siswi menampilkan kreativitas dan unjuk kebolehan di atas panggung.

Puncaknya, Rabu (16/03) seluruh rangkaian HUT Ke-44 MAN Kendal diakhiri dengan acara Tasyakuran dan Peresmian Gedung Surat Berharga Syariah Nasional (SBSN). Dalam acara ini Bupati Kendal, Dico M Ganundito, B.Sc. hadir bersama pejabat Forkominda Kabupaten Kendal, Ketua MUI Kabupaten Kendal KH Asro’i Tohir, Kepala Kantor Kementerian Agama Kendal, H. Mahruz M.Pd.I. dan undangan lainnya.

Sebelum acara tasyakuran, Bupati dan tamu undangan mengunjungi produk-produk kreatif yang dipamerkan para siswa pada stand pameran. Dan dengan dipandu oleh kepala madrasah Drs. H. Muh. Asnawi, M.Ag dan H. Mahruz, Bupati meninjau gedung baru Workshop MAN Kendal hasil SBSN tahun 2020. Dalam peninjauannya tersebut Bupati berkenan membatik dan membubuhkan tanda tangan.

Muh. Asnawi selaku kepala madrasah dalam pidato tasyakuran menyampaikan beberapa keunggulan MAN Kendal, “3 SK yang diberikan Kemenag oleh MAN Kendal, yaitu MAN Kendal ditunjuk sebagai Madrasah Aliyah berbasis riset, pembelajaran berbasis penelitian. Kedua, MAN Kendal ditunjuk Madrasah Aliyah program keterampilan yang siap terjun dan bersaing di dunia kerja”,

“Ketiga, adalah program Ma’had, yang nanti akan diresmikan gedung barunya oleh bapak Bupati, yang 2 tahun terakhir ini sudah melahirkan 12 hafidz hafidzoh” ungkapnya dihadapan Bupati Kendal dan para hadirin.

Bupati Kendal, Dico M Ganinduto dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada MAN Kendal, “Selamat Hari Ulang Tahun MAN Kendal yang ke-44, tentunya dengan usia yang sudah sangat dewasa ini, MAN Kendal ke depan dapat terus memberikan kontribusi yang positif terhadap dunia pendidikan yang ada di Kabupaten Kendal”

“Dan kami dari pemerintah Kabupaten Kendal siap bersinergi dengan MAN Kendal, dalam mencetak sumber daya manusia yang baik, unggul dan tentunya bisa berkontribusi untuk bangsa dan negara” pungkasnya.

Acara diakhiri dgn peresmian gedung baru asrama SBSN MAN Kendal tahun 2021 dengan pemotongan pita oleh bupati, dilanjutkan dengan peninjauan ke beberapa ruangan. (ivn/Noor Yasin)