Lima Siswa MAN Kendal Raih Medali di Ajang OSI (Olimpiade Sains Indonesia) Tahun 2020

Lima peserta didik MAN Kendal berhasil memeroleh berbagai medali di even Olimpiade Sains Indonesia ( OSI ) yang berlangsung tanggal 17 Mei 2020 secara Online.

Olimpiade Sains Indonesia ( OSI ) ini bertujuan untuk memasilitasi peserta didik yang belajar Olimpiade Science  dan meningkatkan daya saing siswa se-Indonesia. Olimpiade ini diselenggarakan oleh Lembaga Pelatihan Olimpiade Sains Indonesia (POSI) dan diikuti oleh pelajar se-Indonesia.

“Kami memiliki program Madrasah Hebat Bermartabat, salah satu aksinya adalah kompetisi madrasah dalam bidang sains,” kata Kamaruddin Amin saat konferensi pers di kantor Kemenag Pusat, Jl. Lapangan Banteng Jakarta, (13/9/2019). Ia mengatakan, dengan pengelolaan yang profesional, ditambah dengan suporting pemerintah yang memadai, saat ini madrasah sudah tidak lagi terbenam dalam stigma sekolahan kelas dua.

Olimpiade sains ini bukan debut satu-satunya anak madrasah dalam kancah kompetisi sains. Di ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN), siswa madrasah juga sudah banyak merebut penghargaan bergengsi, meskipun berhadapan langsung dengan sekolah-sekolah umum ternama.

Direktur Kurikulum Sarana Prasarana Kesiswaan dan Kelembagaan (KSKK) Madrasah, Ahmad Umar mengatakan, ajang ini diarahkan untuk mengembangkan potensi madrasah dalam bidang saintek.

“Kompetisi yang fair dan obyektif dapat menyemai bibit unggul dan menumbuhkan suasana persaingan yang dinamis,” katanya.

Pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini harus direspon oleh madrasah agar terintegrasi sains dan islam secara harmonis.

“Acara semacam ini pada akhirnya akan menghasilkan output siswa pintar berahlakul karimah yang berguna untuk bangsa ke depan,” ujarnya.

Delegasi MAN Kendal yang berhasil meraih medali emas adalah Muhammad Abdul Wahab, siswa kelas XII MIPA-4 bidang studi Biologi. Sementara tiga medali perak diraih Husna Ainun Najwa, siswi kelas XII MIPA 1 bidang studi Matematika, Moh Bayu Irawan, siswa kelas XI IPS-3 bidang studi Kebumian, dan Rina Nur Widyaningsih, siswi kelas X MIPA 5 bidang studi Biologi.

 Ahmada Rahmaddani, siswa kelas X MIPA 6 juga berhasil meraih medali perunggu di cabang mapel Fisika.

Keberhasilan kelima peserta didik ini selain kerja keras, kesabaran, dan ketelatenan para pembimbing, juga berkat dukungan Kepala Madrasah Aliyah Negeri Kendal, Drs. H. Muh Asnawi M.Ag. yang selalu memotivasi  agar Tim Science MAN Kendal selalu meningkatkan prestasi sehingga bisa mengikuti lomba di ajang apa pun, baik di tingkat kabupaten, provinsi, maupun nasional  yang diselenggarakan oleh lembaga mana pun. “Sungguh ini sangat menggembirakan. Di tengah nuansa pandemi kita masih mendapat anugerah anak-anak berprestasi yang sangat hebat. Ini merupakan kado akhir tahun yang indah bagi lembaga MAN Kendal,” tutur Muh Asnawi. (Wahyu P/Red. 23 Mei 2020)