CAPACITY BUILDING MAN KENDAL

Salah satu upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia, segenap guru dan karyawan MAN Kendal, melaksanakan kegiatan Capacity Building dengan mengusung tema “Peningkatan Kinerja dan Pelayanan Publik”. Kegiatan yang berlangsung pada Rabu-Kamis, 22-23 Desember 2021 lalu dilaksanakan di Hill River Tawangmangu Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah.

Kegiatan yang juga dihadiri komite dan pengawas dengan total peserta 106 orang merupakan bagian pembangunan zona integritas yang sedang dirintis MAN Kendal menuju WBK-WBBM. Dalam kegiatan capacity building ini, peserta disajikan materi mengenai peningkatan kapasitas (capacity building) dan pembangunan karakter (character building) melalui kegiatan outbond atau pola permainan untuk meningkatkan kapasitas pegawai dalam menjalankan tugasnya.

Dengan dua bus besar peserta Capacity Building berangkat dari MAN Kendal pukul 09.00 WIB. Sepanjang perjalanan masing-masing bus punya cara sendiri untuk menikmati perjalanan. Ada yang bernyanyi, bercanda, ada pula yang tertidur pulas dari awal berangkat hingga sampai tujuan.

Sekitar pukul 14.30 WIB rombongan sampai di lokasi tujuan, Hill River Tawangmangu. Setelah check-in para peserta menuju kamar sesuai pembagian kelompoknya.

“Bapak ibu silakan jika mau beristirahat terlebih dahulu, atau bersantai sambil menunggu info lebih lanjut dari panitia,” tutur Noor Yasin, pimpinan rombongan dalam siarannya melalui grup WA. Dikatakan Noor Yasin bahwa acara pembukaan Capacity Building akan dilakukan pada sore hari.

Kegiatan Capacity Building sesi-1 dimulai pukul 16.00 WIB di gedung Gamma Hill River.

“Marilah kegiatan ini diikuti dengan penuh semangat dengan tetap membangun kebersamaan. Satukan tekad, satukan kata untuk membangun MAN Kendal dengan lebih berdaya guna dan profesional di semua bidang,” tutur H. Maskur dalam kata sambutannya mewakili Kepala MAN Kendal.

Setelah acara dibuka, kegiatan dilanjutkan dengan Talkshow Panel yang diisi oleh pengawas dan perwakilan komite madrasah. Dalam sesi ini diisi dengan diskusi bersama kepala madrasah, pengawas dan komite tentang kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh MAN Kendal.

“Panjenengan harus paham dengan tema Capacity Building kali ini. Ke sini bukan hanya untuk bersenang-senang. Perhatikan kata kunci yang tertulis di depan. Saya berharap MAN Kendal punya semangat JAYA.,” seru Iwan Setiawan, wakil komite.

Meski waktu telah merambat sore, sesi pertama berlangsung hangat dan seru. Baik pengawas maupun komite saling memberikan kritik dan saran pada madrasah demi kemajuan bersama.

“Jangan mengeluh dengan kritikan. Kritik justru untuk membentuk Sinergi dan Kebersamaan menuju madrasah yang mandiri, berprestasi dan berkarakter,” papar Wahidi, salah seorang pengawas.

Sesuai schedule yang telah dishare, sesi-2 dimulai pukul 19.00 di tempat yang sama, dengan acara inti Penguatan Karakter yang disampaikan Bapak Misranto selaku direktur SBRI The House Of Charakter Building.

Pada sesi ini, semua guru dan karyawan ditekankan akan pentingnya kerjasama tim, menjalankan tugas dan kewajibannya dengan sungguh-sungguh untuk meraih tujuan bersama yang ingin dicapai. Pada sesi ini pula diberikan games sederhana yang dapat membantu dalam membentuk kerjasama tim.

Acara hari pertama ditutup dengan hiburan orgen tunggal oleh Om Fadli selaku guru seni budaya. Beberapa guru dan pegawai pun saling berebut untuk menyumbangkan suara emasnya. Semuanya bergembira, diikuti canda tawa saat ikut bernyanyi mengikuti alunan musik.

Pagi yang cerah di hari kedua, para guru dan pegawai begitu bersemangat untuk mengikuti kegiatan outbond. Sebelum kegiatan outbond dimulai, tidak lupa untuk mengisi energi terlebih dahulu dengan sarapan lezat, sehat dan bergizi di Aula Gamma. Setelah sarapan selesai, outbond pun dimulai pukul 08.00 WIB.

Pada Outbond ini, peserta akan diuji tingkat kefokusan, kekompakan, dan kecekatannya dengan permainan seperti menyusun gelas berisi air dengan tali, menyusun puzzle kartu, membuat yel-yel dan lainnya. Dalam permainan ini selalu ada yang kalah dan menang dengan reward-nya masing-masing. Bagi yang menang dapat mencoret wajah kelompok yang kalah menggunakan bedak bayi. Untuk yang kalah tentu saja harus pasrah ketika wajahnya menjadi canvas lukis bagi kelompok yang menang.

Dari awal permainan, tim instruktur outbond sudah menekankan agar tidak menyimpan marah, dendam, maupun kebencian selama permainan. Karena dipermainan ini, kita semua hanya ingin bersenang-senang. Jadi, baik kalah maupun menang kita sama-sama ikut gembira dan tertawa bersama.

Kegiatan Capacity Building benar-benar menjadi motivasi dalam diri dan meningkatkan hubungan kerja sama untuk menigkatkan budaya dan etos kerja pegawai sehingga dapat mencapai tujuan bersama secara efektif dan efisien. Banyak pelajaran yang didapatkan dari kegiatan ini. Dengan kerja keras yang dilakukan secara solid, sinergi, dan berkesinambungan, maka kekompakan tim yang baik akan didapatkan.

Kegiatan outbond pun berakhir pada pukul 11.00 WIB. Tidak lupa untuk foto bersama dengan wajah gembira dan wajah yang penuh bedak coretan yang menggambarkan keseruan outbond. Kemudian dilanjutkan dengan makan siang.

Sekitar pukul 13.00 WIB semua peserta sudah siap-siap untuk check out dari hotel. Ditemani rintikan hujan yang syahdu para peserta meneruskan perjalanan pulang menuju MAN Kendal. Pukul 17.00 WIB rombongan sampai di MAN Kendal dengan selamat. (Wilda_reporter)***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *