Talkshow MAN Kendal Merajut Asa (MAN Kendal Dulu, Sekarang, dan Akan Datang)



Berbagai terobosan terus dilakukan MAN Kendal dalam upaya mempertahankan reputasi sebagai madrasah yang hebat bermartabat. Selain mengoptimalkan pelayanan mutu pendidikan juga melakukan kiat-kiat menghadapi persaingan sekolah yang makin kompetitif. Terlebih di saat menghadapi tahun ajaran baru, berbagai lembaga pendidikan telah mendesain dirinya menjadi yang super, the best melalui promo ataupun iming-iming yang begitu menggiurkan. Sekalipun hal itu dianggap sah dan wajar namun jika berlebihan justru menjadi bumerang bagi sekolah itu sendiri. Lalu bagaimana mengemas sekolah agar lebih diminati dan menjadi rujukan para orang tua untuk menitipkan putra-putrinya? Apakah ada lembaga pendidikan yang peduli dengan semua itu?

Ya ada. Hal ini terjawab ketika pada Rabu, 4 Maret 2020 MAN Kendal berkreasi melalui acara Talkshow bertemakan “MAN Kendal Dulu, Sekarang dan Akan Datang”. Kegiatan yang berlangsung di Aula MAN Kendal ini merupakan rangkaian Sosialisasi PPDBTahun Pelajaran 2020/2021.

Kegiatan talkshow yang digagas Kepala Tata Usaha MAN Kendal Hj. Ni’matul Badriyah, SE ini diikuti oleh sekitar 150 siswa berprestasi dan guru pendamping dari SMP dan MTs, baik negeri maupun swasta di Kabupaten Kendal bagian timur dan tengah.

“Talkshow ini bertujuan mengenalkan lingkungan MAN Kendal secara riil. Selama ini orang mungkin hanya mendengar slogan Three in One School dari mulut ke mulut atau sekadar cerita belaka. Nah dengan kegiatan ini kita akan tahu seperti apa dan bagaimana MAN Kendal itu secara utuh,” papar Ni’mah.

Untuk lebih memberikan warna dan nilai lebih pada peserta yang hadir, acara talkshow punmenghadirkan narasumber hebat yang merupakan alumni-alumni terbaik MAN Kendal.Hadir memberikan pencerahan dalam acara talkshowtersebut antara lainKetua DPRD Kab Kendal, H.Muhammad Makmun, S.HI,alumni 1997, M.Zaki Abdillah, S.Kom.,M.Kom,dosen dan programer, alumni 2005, dan da’iyah kondang Top 9 Aksi Indosiar,Meina Tri Kurniasih, alumni 2018.

Acara talkshow yang dimoderatori Alif Iskandar berjalan meriah, sumringah dan mengasyikkan. Selama kurang lebih dua jam masing narasumber memberikan paparan, penguatan, tips-tips, danmotivasi. Melalui acara sederhana ini diharapkan mampu mendongkrak kredibilitas MAN Kendal, setidaknya kita layak dipertimbangkan di dunia pendidikan. Ini dibuktikan dengan lahirnya alumni alumni hebat di masyarakat. Selain unsur alumni, kegiatan talkshow juga melibatkan siswa aktif yang berprestasi di kancah Jawa Tengah bahkan Nasional. Tidak ketinggalan siswa yang memiliki kemampuan tahfidz dan keterampilan juga dilibatkan untuk menjadi daya tarik bagi calon siswa baru MAN Kendal.

Sementara itu pada sesi kedua kegiatan talkshow, diisi pengenalan lingkungan madrasah.“Dengan cara ini kami berusaha untuk mengenalkan sudut demi sudut apapun yang dimiliki MAN Kendal, mulai dari Boarding School Ma’had Al-Aqwam, Workshop, bahkan sampai kantin dan toiletnya kita kenalkan semuanya,” imbuh Ni’mah.

Kami sangat berbahagia karena meski terbilang perdana, acara talkshow tersebut dapat berjalan lancar dan sukses.Buktinya begitu acara usai, langsung diserbu para pendaftar yang hadir.Lebih bahagianya lagi, acara talkshow ini akan ditayangkan di beberapa stasiun televisi, antara lain RCTI, MNC dan I News TV pada hari Kamis, 5 Maret 2020. (Niek)