Semarak HUT RI ke-73 MAN Kendal

 

Seperti tahun-tahun yang telah lewat, dalam rangka memeringati HUT RI ke-73, MAN Kendal kembali mengadakan berbagai kegiatan. Acara yang digelar mulai hari Kamis 16 Agustus 2018, mengusung tema SPORTIVE (Spirit of Fourty Five). Kemasan acaranya meliputi: jalan sehat, perkusi, karung peristiwa, dan kerupuk masa depan.

Kegiatan tersebut diawali dengan jalan sehat yang dibuka langsung oleh Kepala MAN Kendal Drs. H. Muh Asnawi, M.Ag. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh warga MAN Kendal beserta PPL dari tiga perguruan tinggi, masing-masing UIN Walisongo Semarang, UNNES Semarang, dan STIK Kendal. Pada sesi Jalan sehat ini, disediakan banyak hadiah yang menarik dan  hadiah utama, di antaranya uang sejumlah Rp. 1.000.000, kompor, dan TV . Tiga orang atau perwakilan kelas yang beruntung mendapatkan hadiah tersebut masing-masing dari kelas 10 Bahasa, 11 Bahasa dan 11 IPS 2 .

Usai jalan sehat, dilanjutkan dengan lomba Karung Peristiwa. Kegiatan ini diikuti oleh 36 kelas, dan di setiap kelasnya mengirimkan sebanyak dua perwakilan, baik laki-laki maupun perempuan. Adapun beberapa syarat untuk menjadi pemenang yaitu dengan kecepatan berlari menggunakan karung dan juga helm sebagai penutup badan dan kepala. Syarat berikutnya adalah menghafalkan beberapa peristiwa yang terjadi sebelum maupun sesudah Kemerdekaan Republik Indonesia. Dan perwakilan yang beruntung adalah dari kelas 12 MIPA 1, 11 MIPA 1 dan 10 MIPA 6

Pada waktu yang sama, diadakan kegiatan atau lomba Perkusi. Lomba ini dinilai sangat unik karena harus memakai atau memanfaatkan barang bekas sebagai alat musiknya. Lagu yang dinyanyikan juga harus bersifat nasionalis ataupun anti narkoba. Masing-masing kelas mengirimkan minimal 5 orang untuk menjadi duta kelasnya. Kegiatan yang dinilai oleh guru seni dan bahasa MAN KENDAL ini diikuti oleh 36 kelas. Hasil dewan juri menempatkan juara 1,2,3 diraih oleh kelas 11 MIPA 6, 12 AGAMA, dan 12 MIPA 6.

Kerupuk Masa Depan adalah kegiatan yang juga ikut memeriahkan HUT Rike-73 ini. Kegiatan ini memiliki beberapa tujuan di antaranya : melatih konsentrasi karena berjalan sampai ke kawan mainnya dengan mata tertutup, dan harus menyuapi kerupuk ke kawan mainnya dengan mata tertutup pula. Sulit memang tapi siswa MAN KENDAL pantang menyerah. Tujuan berikutnya agar bisa mengetahui dan menghafalkan beberapa kabinet yang ada di Indonesia saat ini. Dan masih banyak tujuan yang lain. Kerupuk masa depan diikuti 36 kelas, masing-masing kelas mengirimkan 2 orang, baik siswa maupun siswi. Kegiatan ini di menangkan oleh perwakilan kelas 10 Agama sebagai  Juara 1, 12 IPS 4 Juara 2, dan Juara 3 kelas 10 IPS 3 .

Selanjutnya adalah lomba yang sangat memiliki daya saing sulit, yaitu kebersihan kelas atau biasa disebut K7. Sejak sepulang sekolah para siswa MAN Kendal mulai membersihkan, menata dan menghias kelasnya masing-masing. Banyak sekali hiasan tentang ASIAN GAMES 2018 karena siswa MAN Kendal sangat mendukung kegiatan ASIAN GAMES tahun ini. Persaingan sungguh sangat sulit. Namun para  juri harus menentukan siapa yang terbaik. Setelah mufakat akhirnya ditentukan pemenangnya, masing-masing kelas 11 MIPA 5 sebagai juara 1, 12 BAHASA sebagai juara ke 2, dan 11 IPS 4 sebagai juara ke 3 .