Rapat Kenaikan Kelas MAN Kendal TP 2019-2020



Memasuki era New Normal yang baru saja menggeliat, MAN Kendal sukses melaksanakan kegiatan Rapat Kenaikan Kelas Tahun Pelajaran 2019/2020. Sesuai schedule madrasah yang telah ditetapkan sebelumnya, kegiatan rutin sebelum pembagian rapor kenaikan kelas bagi kelas X dan XI berjalan sesuai rencana.
Acara yang digelar pada Kamis, 18 Juni 2020 di aula MAN Kendal ini dihadiri oleh segenap dewan guru, terdiri dari unsur pimpinan, wakil pempinan, para staf, guru mapel, wali kelas dan guru Bimbingan Konseling.


Dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan, seperti membasuh tangan, tes suhu, jaga jarak dan menggunakan masker, kegiatan yang dibuka oleh Karyatiningsih selaku pembawa acara dimulai tepat pukul 08.45 menit. Sebelum sampai acara rapat pembagian kelas, diawali dengan pengarahan Kepala MAN Kendal Drs. Muh Asnawi, M.Ag. Dalam kata sambutannya, Asnawi menyampaikan permohonan maaf kepada segenap yang hadir terkait dengan suasana bulan Syawal.
“Banyak kegiatan yang tidak bisa kita laksanakan selama wabah covid-19 ini, salah satunya halal bi halal. Oleh karena itu, dalam kesempatan yang baik ini, saya mohon maaf sebesar-besarnya jika selama satu tahun yang lalu ada tutur kata dan perbuatan saya yang kurang berkenan di hati panjenengan, tuturnya.
Lebih lanjut Asnawi menyampaikan penghargaan dan rasa terima kasih kepada segenap bapak ibu guru yang telah melaksanakan tugas selama wabah corona ini dengan baik. Mulai dari penugasan daring/online, pemantauan belajar siswa di rumah, pelaporan SPBDR untuk guru dan pegawai, sampai pelaksanaan PAT Online.
PAT Online yang baru pertama kali dilaksanakan di MAN Kendal terbilang sukses. Selama 10 (sepuluh) hari, 3-13 Juni 2020 PAT Online yang digawangi Tim Kurikulum dan Labkom MAN Kendal mendapat sambutan positif, terutama pihak siswa maupun orang tua/wali murid.
Alhamdulillah, semuanya berjalan lancar dan sesuai rencana. Semua ini berkat kerjasama yang baik dari panjenengan semua, utamanya bapak ibu wali kelas dan tim. Kalaupun ada kekurangan di sana sini, saya rasa itu hal yang lumrah. Maklum, baru pertama kali melaksanakan PAT Online di MAN Kendal, imbuhnya.

Sesi berikutnya merupakan acara inti yakni rapat kenaikan kelas yang dipandu waka kurikulum H. Maskur, S.Pd. Diawali dengan penyampaian Kriteria Kenaikan Kelas yang disampaikan langsung oleh H. Maskur sebagai pedoman pembahasan saat rapat.
Dalam kriteria kenaikan kelas disebutkan bahwa siswa harus menyelesaikan seluruh program pembelajaran dalam dua semester pada tahun pelajaran yang diikuti. Selain itu, predikat sikap minimal BAIK, dan kegiatan EKSTRA WAJIB (Pendidikan Kepramukaan) minimal BAIK, sesuai dengan kriteria yang ditetapkan oleh satuan pendidikan.
Yang penting lagi, tidak memiliki lebih dari 3 (tiga) mata pelajaran yang masing-masing capaian pengetahuan dan/atau keterampilan di bawah KKM, tegas Maskur.
Secara bergantian masing-masing wali kelas melaporkan keadaan siswanya. Dimulai wali kelas X kemudian kelas XI, masing-masing 12 kelas tiap jenjangnya.
Sebelum rapat ditutup, Maskur menjelaskan bahwa pembagian rapor yang dilaksanakan pada Sabtu, 20 Juni 2020 dilakukan secara daring/online. Link rapor yang telah dibuat oleh tim akan didistribusikan kepada para wali kelas untuk diteruskan kepada orang tua / wali murid. Sementara rapor dalam bentuk print out akan dibagikan/diberikan setelah suasana aman terkendali.
Alhamdulillah, para wali kelas telah merekap seluruh nomor HP orang tua/wali siswa sehingga ketika nomor tersebut terkoneksi dengan internet, akan langsung muncul rapor siswa yang bersangkutan setelah memasukkan NISN dengan benar, terang Maskur.
Rapat kenaikan kelas alhamdulillah berlangsung cepat tepat dan berakhir pada pukul 10.10. Setelah penandatanganan Berita Acara, rapat kenaikan kelas secara resmi ditutup oleh H. Maskur, S.Pd. (TB)