Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke-91 yang pada tahun ini mengambil tema “Bersatu Kita Maju” menegaskan kembali komitmen para pemuda yang diikrarkan pada tahun 1928 dalam Sumpah Pemuda. Bahwa hanya dengan persatuanlah kita dapat mewujudkan cita-cita bangsa.

MAN Kendal sebagai institusi pendidikan yang di dalamnya terdapat tunas-tunas muda diharapkan dapat ikut berpartispasi dalam memajukan bangsa dan negara. Salah satu wujud kepedulian dan rasa nasionalisme adalah menyelenggarakan upacara bendera memeringati HSP pada Selasa 28 Oktober 2019 di halaman madrasah.

Kegiatan yang dimotori Waka Kesiswaan MAN Kendal Akhmad Khatib ini diikuti seluruh sivitas akademika MAN Kendal, baik siswa, guru, pegawai maupun mahasiswa Praktikan PPL PPG UIN Walisongo Semarang.

Bertindak selaku pembina upacara Kepala MAN Kendal Drs. H. Muh Asnawi, M.Ag. Dalam kata sambutannya yang melansir pidato Menteri Pemuda dan Olahraga, dikatakan bahwa pemuda yang memiliki karakter yang tangguh adalah pemuda yang memiliki karakter moral dan karakter kinerja, pemuda yang beriman dan bertaqwa, berintegritas tinggi, jujur, santun, bertanggung jawab, disiplin, kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas, dan tuntas. Pemuda juga harus memiliki kapasitas intelektual dan skill kepemimpinan, kewirausahaan, dan kepeloporan yang mumpuni, serta pemuda harus memiliki inovasi agar mampu berperan aktif dalam kancah internasional.

Selesai upacara diisi dengan informasi kejuaraan dan kegiatan siswa. Diawali dengan acara serah terima jabatan OSIS dan MPK lama kepada pengurus baru, disaksikan Kepala MAN Kendal dan segenap peserta upacara. Selanjutnya dibacakan hasil kejuaraan yang diraih oleh duta MAN Kendal dalam lomba Musyabaqah Qiraatil Kutub (MQK) se-Jawa di UIN Walisongo Semarang. Dalam lomba ini siswa Ma’had Al-Aqwam Nur Luthfi Hanif Al-Baihaqy berhasil meraihJuara 2.

Selain itu, juga diserah terimakan piala sebagai juara 1 lomba Rebana pada acara Islamic Festival se-Jawa dan DIY oleh tim Rebana Nurul Fajar kepada kepala MAN Kendal. Semangat para pemuda harapan bangsa, raihlah cita-citamu.(Sun-26).