Pembangunan Gedung Workshop Pembelajaran Terpadu MAN Kendal, Menuju Madrasah Berprestasi, Mandiri, dan Terampil

MAN Kendal memperoleh suatu kehormatan dan kepercayaan dari pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Agama RI dengan mendapatkan bantuan yang bersumber dari SBSN tahun 2020 berupa gedung workshop pembelajaran terpadu beserta peralatan mesinnya senilai Rp4.734.720.000. Mengingat MAN Kendal meupakan salah satu pioneer lahirnya MAN program keterampilan. Maka dari itu, patut kita syukuri dan apresiasi perhatian pemerintah terhadap kemajaun pendidikan keterampilan, khususnya di MAN Kendal. Upaya ini memiliki harapan bahwa siswa madrasah pun dapat sejajar dengan siswa SMK terutama terkait dengan keahlian dan keterampilan yang dimiliki. Hal ini tentunya akan menjadi daya tarik dan “Added Value” bagi madrasah secara umum, mengingat selama ini madrasah identik dengan pelajaran agama dan pondok pesantren.

“Alhamdulilah dengan berbagai perjuangan dan rintangan yang dapat kita lalui besama, atas rida dan pertolongan Allah SWT sebuah gedung tiga lantai sudah berdiri kokoh dan megah dengan letak posisi  jelas terlihat dari jalan raya pantura. Inilah “Gedung Workshop Pembelajaran Terpadu MAN Kendal” lengkap dengan segala peralatan dan sarana prasarananya,” kata Muh Asnawi.

Ia juga mengatakan, gedung ini diharapkan dapat mendorong prestasi MAN Kendal di kancah nasional maupun internasional. Selain itu, menjadikan tempat yang representatif untuk guru dan siswa dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran sehingga bisa meningkatkan kualitas dan kompetensi akademik peserta didik.

Kepala MAN Kendal, Drs. H. Muh Asnawi, M.Ag. mengatakan, kalau madrasah maju, maka masyarakat tidak akan ragu-ragu lagi menyekolakan anak-anaknya ke madrasah. Kedepan, lulusan madrasah akan mempunyai kompetensi yang lebih sehingga ketika lulus dari madrasah mereka bisa mandiri dan terampil. Dengan bekal ini, output madrasah diharapkan dapat membuka lapangan pekerjaan untuk dirinya sendiri khususnya dan lapangan kerja bagi masyarakat pada umumnya.

“Mari seluruh civitas Madrasah Aliyah Negeri Kendal untuk saling bersinergi dalam meningkatkan kemajuan madrasah, merawat gedung ini dengan baik, serta betul-betul memanfaatkannya sesuai dengan perencanaannya yang sudah ditentukan,” katanya.

Sementara itu, Muh Asnawi juga menjelaskan bahwa MAN Kendal merupakan sekolah yang memiliki program pendidikan Islam dan juga memiliki ciri khas keahlian keterampilan meliputi program keterampilan otomotif, elektronik, TKJ, dan tata busana, sehingga nantinya banyak harapan yang dititipkan dengan dibangunnya gedung ini untuk kegiatan program keterampilan.

Selama ini banyak ketercapaian dan prestasi yang sudah diraih oleh MAN Kendal baik akedemik maupun non akademik. Adanya pembangunan gedung workshop pembelajaran terpadu ini, semoga bisa menambah motivasi bagi siswa MAN Kendal untuk terus berprestasi meskipun di masa pandemi.

Kedepan semoga dengan memiliki gedung dan peralatan baru ini, mampu menciptakan inovasi dan produk-produk baru yang bekualitas serta bisa mengembangkan kewirausaaan melalui “Teaching Factory” yang selama ini menjadi slogan program keterampilan. SELAMAT UNTUK WORKSHOP MAN KENDAL, SELAMAT DAN SUKSES UNTUK SEMUA MADRASAH DI INDONESIA. MADRASAH HEBAT, BERMARTABAT DAN MENDUNIA. (Nikmah)*