Pelepasan Siswa Kelas XII MAN Kendal Tahun Pelajaran 2018/2019

Tumpukan kegiatan yang berjibun, yang datang silih berganti dan menguras banyak waktu, pikiran serta tenaga, agaknya tidak menyurutkan  lembaga  MAN  Kendal untuk mengusung   agenda   rutin   tahunan   pasca ujian. Ya, apalagi kalau bukan Pelepasan Siswa Kelas XII Tahun Pelajaran 2018/2019.

Lembaga bertindak cepat lagi cekatan. Tidak perlu menunggu lama untuk membuatkan SK Panitia. Dan, masih seperti tahun-tahun yang sudah berjalan, sebagian besar panitia digawangi oleh para wali kelas XII. Untuk tahun ini, Drs. H. Sukiryadi kembali dipinang dan dipercaya sebagai nahkodanya.

“Bismillah, semoga kegiatan berjalan sukses dan tidak ada kendala. Mohon kerjasama   dan   dukungan   teman-teman,” pinta Pak Didik, sapaan akrab Sukiryadi singkat, guru bahasa Inggris yang juga wali kelas XII IPA-4 di sela-sela gladi bersih.

Setelah beberapa tahun kegiatan wisuda digelar di luar madrasah, tahun ini kembali diadakan di madrasah, tepatnya di Aula  MAN  Kendal.  Pemilihan  lokasi tentunya sudah menjadi kesepakatan panitia, setelah mempertimbangkan banyak hal.

“Kami memang sengaja menggelar acara di dalam. Di samping untuk memudahkan koordinasi, rasanya puas bisa men-setting tempat tanpa terikat pihak lain. Selain  itu  kami  berharap  agar  para  tamu yang  datang  nanti  bisa  melihat  dari  dekat kegiatan pembangunan yang sedang berjalan di MAN Kendal. Idep-idep promo-lah,” seloroh Abdul Wakhid, koordinator perlengkapan yang juga asisten sarana prasarana.

“Pelepasan Siswa Kelas XII yang digelar pada Kamis 2 Mei 2019   yang lalu sejatinya untuk lebih mengakrabkan hubungan orang tua/wali murid dengan pihak lembaga MAN Kendal.   Tanggal itu kebetulan  bertepatan  dengan  Hari Pendidikan Nasional. Walaupun siswa belum menerima pengumuman, kami sengaja menggelar kegiatan pelepasan lebih lebih awal. Biar mudah mengingatnya,   lagi pula mumpung belum memasuki bulan puasa,” imbuh  Edi  Sutanto,  sekretaris  panitia mantab.

Menempatkan MC kebanggaan madrasah, duet Aida Rahmawati-Karyatiningsih, menjadikan acara makin berwarna. Mereka secara bergantian memandu jalannya acara dari awal hingga akhir dengan penuh kelembutan dan pesona.

Pada sesi Pra Acara, tamu undangan disambut dengan penampilan Grup Rebana Nurul Fajar asuhan Syekh Akhmad Khatib, diteruskan Pencak Silat Show Tirta Samodra MAN Kendal. Setelah dibuka, acara diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Ya’kub Hidayat, siswa kelas XII IPS-3. Kemudian menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, Hymne Madrasah, dan Mars Madrasah oleh paduan suara Nawa Kartika MAN Kendal.

Tak ketinggalan penampilan Agus Tianingsih ketika membacakan puisi yang begitu indah dan menyentuh hati. Semua tamu  undangan, khususnya  bapak  dan  ibu guru tampak begitu hikmad dan meresapi makna puisinya.

Dalam kata sambutannya, Kepala MAN Kendal Drs. H. Muh Asnawi, M.Ag. menyatakan bahwa kegiatan pelepasan ini memang sengaja diawalkan sebelum kelulusan.

“Sengaja panjenengan saya hadirkan di   tempat   ini   sebelum   puasa.   Walaupun putra putri panjenengan belum menerima kelulusan, yang penting doa panjenengan semua. Yen poso-poso kok kon mangkat rasane piye ngono, kasihan panjenengan, juga anak- anak dan panitia ,”kelakar Asnawi disambut tepuk tangan tamu undangan.

Sebelum menyerahkan atau mengembalikan siswa kepada orang tua melalui  komite,  Asnawi  memberikan apresiasi yang luar biasa atas penyelenggaraan kegiatan ini. Selain meriah, kegiatan ini dihadiri oleh seluruh anggota komite, tokoh masyarakat  dan  agama,  juga Kakankemenag Kab Kendal Drs.H.Saerozi.

Yah, sederhana namun sukses. Itulah gambaran  kegiatan  pelepasan  siswa  tahun ini. Dalam prosesi pelepasan siswa kelas XII, tak ketinggalan diisi sesi pemberian penghargaan bagi siswa lulusan terbaik per jurusan.

Tampil sebagai yang terbaik dari program MIPA adalah Latifatul Laeliyah (Kelas XII MIPA-1), disusul Rizqy Sabiq Rusydan  (XII  MIPA-5)  dan  Assyifa Nurtiasih    (XII MIPA-3).    Program IPS menempatkan Agus Tia Ningsih (Kelas XII IPS-1)  sebagai  yang  terbaik,  disusul Hidayatul Fatichah (Kelas XII IPS-3) dan Alfina Ivadatussofa (Kelas XII IPS-3).

Sementara itu untuk Program Bahasa, nilai tertinggi diraih oleh Aulia Af’idah, sedangkan Siti Muarofah menjadi yang terbaik untuk Program Keagamaan.

Dan  seperti  adat  yang  telah ditetapkan, setiap tahunnya   dari Progam Keterampilan  juga  mengambil  wisudawan terbaik per jurusan untuk diberi penghargaan khusus.

Jurusan       Otomotif       menempatkan Ahmad Rozikin (kelas XII MIPA-6) sebagai yang terbaik, disusul jurusan Elektronika oleh Bibit Syaardi Mubarok (kelas XII IPA-6), jurusan Tata Busana Siti Surianti (kelas XII IPA-5), dan Teknik Komputer Jaringan (TKJ) Ika Nailil Muna (XII MIPA-6).

Selamat   atas   prestasi   yang    telah kalian raih! Jangan lupa dengan almamater, bagaimanapun, kalian pernah belajar dan berprestasi di sini !.