* MAN Kendal raih juara 1 dan 2 di walisongo biology olimpiade se jateng DIY

Siswa MAN Kendal toreh prestasi dalam WBO (Walisongo Biology Olympiad) sebagai juara satu dan dua yang diselenggarakan oleh HMJ Biologi UIN Walisongo Semarang, Sabtu (23/11). Kegiatan ini rutin diselenggarakan dengan tujuan bukan hanya sebagai ajang mencari siapa yang juara, namun lebih dari itu, melalui kegiatan ini akan menjadi pengalaman belajar dan eksperimen para siswa-siswi di Jawa Tengah, sehingga peserta mempunyai pengalaman ilmu pengetahuan yang cukup, sebelum nantinya masuk ke perguruan tinggi.

Diikuti oleh ratusan siswa-siswi SMA, SMK, dan MA se-Jawa Tengah DIY, para peserta akan melewati beberapa babak penyisihan. Pertama yakni test akademik tertulis dengan waktu yang dialokasikan adalah satu jam. Sekitar 15 pesertapun akhirnya dinyatakan lolos untuk mengikuti tahapan selanjutnya. Sedangkan tes tertulis kedua dialokasikan selama setengah jam. Tidak hanya tes tertulis, siswa yang dinyatakan lolos tes tertulis tahap dua, juga akan melakukan tes praktikum selama satu jam. Dari uraian tahap demi tahap test yang ada, olimpiade ini dimaksudkan tidak hanya mengasah kemampuan siswa dalam ranah kognitif, namun juga mengasah kemampuan psikomotorik terkait pembuktian teori-teori dalam bidang biologi melalui kegiatan praktikum.

Pada babak penyisihan terakhir dua siswa MAN Kendal masih bertahan dan akhirnya muncul sebagai juara satu yakni M.Abdul Wahab (XI IPA 1) dan juara ke dua Eva Riyani (XII IPA 1). Atas prestasi ini kepala Madrasah, Muh Asnawi merasa bangga dan mengucapkan terimakasih atas kerja keras anak didiknya dan dukungan serta doa para guru dan orangtua.

“Alhamdulillah MAN Kendal juara satu terima kasih atas dukungan dan doa bapak ibu sekalian semoga ini menjadi penyemangat para siswa Madrasah lainya untuk terus belajar agar bisa berprestasi baik akademin maupun nonakademik,” katanya.