MAN Kendal Adakan Try Out AKM

Bekerja sama dengan Edubrand Karesidenan Semarang, selama 2 hari, 9-10 November 2020 lalu MAN Kendal menyelenggarakan Try Out AKM (Asesmen Kompetensi Minimum).  Kegiatan Try Out yang digawangi Tim CBT Labkom MAN Kendal diikuti seluruh siswa kelas XI Tahun Pelajaran 2020/2021.

 Sama seperti pelaksanaan UNBK, peserta dibagi dalam 3 sesi, masing-masing sesi terdiri 4 kelas. Pelaksanaan Try Out AKM di era pandemi ini tetap memperhatikan protokol kesehatan. Oleh karenanya setiap peserta diwajibkan memakai masker, mencuci tangan, dan jaga jarak .

Dasar penyelenggaraan AKM ini memang berasal dari pusat. Maka sebelum pelaksanaan AKM pada bulan Maret nanti, diadakan latihan atau Try out. Setiap sekolah, termasuk madrasah dari berbagai jenjang, harus mempersiapkan seluruh siswanya untuk melaksanakan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), meskipun pada pelaksanaannya nanti hanya 45 siswa dari tiap sekolah yang mengikuti AKM. Untuk jenjang SMP, SMA dan SMK, peserta yang akan mengikuti AKM adalah kelas XI.

”Walaupun tidak seluruh siswa akan di-asesmen, madrasah perlu menyiapkan seluruh peserta didiknya. Karena nanti hanya 45 siswa yang akan dipilih secara acak. Dan tidak menutup kemungkinan ada survei karakter terhadap seluruh peserta didik,” kata H. Maskur, S.Pd, saat memberikan breafing kepada pengawas Try Out di ruang sekretariat.

Try Out AKM yang diikuti 421 siswa dipandu oleh 4 orang proktor dan 1 teknisi dari Tim Kurikulum. Pada hari pertama, AKM berisi materi Literasi dan Survey Karakter, sedangkan materi pada hari keduanya tentang Numerasi dan Survey Lingkungan Belajar.

Bagi sebagian besar siswa, AKM mungkin menjadi pengalaman pertama karena pada tahun sebelumnya belum pernah mengetahui apalagi melaksanakan seperti sekarang.

“Alhamdulillah, saya bisa mengerjakan soal dengan baik. Asal telaten dan sabar pasti berjalan lancar,” kata Aktavia, peserta dari kelas XI MIPA 1 yang ikut sesi 1.

Masih di era pandemi, MAN Kendal juga mengikuti kegiatan bergengsi bertajuk KSMO Nasional 2020. Acara yang dilaksanakan secara online ini diikuti oleh duta duta madrasah se-Indonesia, termasuk MAN Kendal. Penyelenggaraan KSMO tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya. Tahun ini KSMO dilaksanakan serentak  dalam 1 tahap secara nasional, dan menggunakan sistem gugur. 

MAN Kendal pada ajang bergensi ini menyertakan duta-duta terbaiknya dari berbagai mapel, seperti Fisika, Ekonomi, Geografi, Kimia, dan Matematika. Segala daya dan upaya pun telah dilakukan lembaga untuk menyukseskan KSMO ini. Bimbingan secara online maupun offline dari mentor-mentor hebat kelas nasional berjalan sangat intensif. Berharap tahun ini MAN Kendal bisa berjaya di ajang bergengsi ini.

Sebelum mengikuti lomba para peserta dan pembimbing dikumpulkan di Hall Meeting Room untuk mendengarkan arahan Kepala MAN Kendal Drs. H. Muh Asnawi, M.Ag.

“Tunjukkan pada dunia bahwa kalian hebat. Walau sekarang masih dalam suasana pandemi, semangat belajar kalian, semangat untuk bisa tampil menjadi juara harus tertancap di dalam-dalam di dada. Hanya keberanian menghadapi tantangan dan kenyataan, yang akan menjadi kunci keberhasilan sejati,” tegas Muh Asnawi mengobarkan semangat peserta.

Pelaksanaan Lomba KSMO Nasional secara online ini berlangsung di Laboratorium Komputer, terbagi dalam 3 sesi. Masing-masing sesi diikuti satu-dua mata uji lomba.

Semoga KSMO Nasional kali ini menjadi milik kita ! (Farid).