MAN KENDAL ADAKAN SELEKSI GTT MELALUI C.A.T DI TENGAH PANDEMI



Memasuki Tahun Pelajaran 2020/2021, Madrasah Aliyah Negeri Kendal membuka pendaftaran calon Guru Tidak Tetap (GTT). Hal ini disebabkan kebutuhan jumlah guru untuk beberapa mapel dianggap masih kurang. Meskipun masih dalam suasana pandemi, rekrutmen GTT tetap dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan.

Tahun ini MAN Kendal membuka formasi untuk hafidz (1 orang) dan hafidzah (4 orang). Sedangkan formasi GTT yang dibutuhkan antara lain untuk mapel kimia, elektro, multimedia, dan bahasa mandarin masing masing 1 orang.

Menurut ketua tim seleksi H. Ahmad Rofik, S.Pd, “Antusiasme pelamar pada tahun ini sangat luar biasa dibandingkan tahun tahun sebelumnya. Jumlah pelamar tahun ini meningkat tajam. Sebanyak 64 pelamar ikut berjuang memperebutkan formasi yang dibutuhkan”.

Sementara itu, Kepala MAN Kendal Drs. H. Muh Asnawi, M.Ag dalam pengarahannya menyampaikan bahwa sistem rekrutmen kali ini berbeda dengan tahun tahun sebelumnya. “Kita mencoba membuat gebrakan dengan menggunakan seleksi CAT di dalamnya, seperti seleksi CPNS pada umumnya,”. adaLebih lanjut beliau menjelaskan bahwa seleksi GTT terdiri dari 3 tahapan. Pertama adalah seleksi C.A.T (Computered Assisted Test), dilanjutkan uji kompetensi BacaTulis Al Qur’an dan diakhiri wawancara dengan kepala madrasah.

Proses seleksi yang baru pertama kali dilaksanakan ini diharapkan mampu menghasilkan calon GTT yang profesional dan kompeten di bidangnya. Selain itu, aspek objektivitas tetap dipertahankan. Proses seleksi sendiri diadakan pada hari Kamis, 2 Juli 2020 di Laboratorium Komputer MAN Kendal.

“Alhamdulillah, proses seleksi GTT tahun ini berjalan lancar dan sukses. Kami berharap bisa melaksanakan kegiatan serupa di tahun-tahun mendatang,”imbuh Ahmad Rofik. (Niekmah)