MAN Kendal Adakan Apel Pagi di Hari Jadi Kabupaten Kendal ke-415

Peringatan Hari Jadi Kabupaten Kendal tahun ini sangat berbeda dari tahun sebelumnya. Dalam suasana pandemi yang belum berakhir hingga sekarang, peringatan dilakukan dengan sederhana. MAN Kendal dalam memperingati hari jadi Kabupaten Kendal yang ke-415 pun hanya menggelar apel dan doa bersama.  

Edaran yang dikeluarkan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kendal terkait kegiatan apel direspon cepat oleh pihak lembaga. Kegiatan yang dinahkodai para wakil kepala MAN Kendal berlangsung pada Selasa 28 Juli 2020 di halaman MAN Kendal lokal Selatan. Bertindak selaku pembina Apel Kepala MAN Kendal Drs. H. Muh Asnawi, M.Ag.

Kegiatan apel yang diikuti segenap jajaran guru dan pegawai di lingkungan MAN Kendal berlangsung tertib dan khidmat. Dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan, peserta apel  tampak bersemangat dengan pakaian adat Jawa maupun batiknya. Dengan berpakaian adat atau batik diharapkan tumbuh rasa bangga dan mampu meningkatkan rasa nasionalisme.

Dalam amanatnya, Muh Asnawi menyampaikan bahwa kita harus bersyukur setiap menghadapi momentum HUT Kabupaten Kendal. Sejarah panjang Kabupaten Kendal yang sekarang sudah memasuki usia 415 tahun tentu telah banyak membawa perubahan-perubahan maupun kemajuan di segala bidang. Menyebut Kendal, kita pun tidak boleh melupakan jasa Tumenggung Bahurekso, tokoh sentral bagi cikal bakal perubahan dan kemajuan peradaban di Kabupaten Kendal.

“Apa yang telah beliau perjuangkan ratusan tahun silam, kini bisa panjenengan rasakan hasilnya. Maka sebagai warga Kabupaten Kendal yang baik, jangan berpangku tangan atau bermalas-malasan. Isilah dengan kegiatan positif, budayakan disiplin dalam segala tindakan agar hadir pribadi yang hebat dan bermartabat,” kata Muh Asnawi.

Selain itu Muh Asnawi juga berharap, MAN Kendal sebagai lembaga pendidikan harus mampu bersinergi dan mendukung penuh program religius pemerintahan Kabupaten Kendal, di antaranya shalat berjamaah tepat waktu. Beliau juga menyampaikan apresiasi kepada seluruh stakeholder atas kerja keras dan etos kerjanya selama ini.

“Momentum ini harus dijadikan semangat  untuk mengawali tahun ajaran baru 2020/2021 dengan meningkatkan kedisiplinan. Disiplin bukan hanya kata-kata melainkan tindakan nyata yang dapat mengantarkan kita pada keberhasilan sejati. Disiplin pulalah yang bisa membentuk pribadi hebat dan bermartabat,”lanjut Asnawi menutup kegiatan apel. (Wahyu P/Red.)