Latihan Penyembelihan Hewan Qurban MAN Kendal

Tanggal 10 Dzulhijjah 1439 H atau bertepatan 22 Agustus 2018, kaum muslimin dan muslimat di segala penjuru berbondong-bondong menuju masjid atau lapangan untuk menunaikkan sholat Ied Al-Adhha  atau biasa kita sebut Hari Raya Qurban.

Islam memang mengajarkan suatu hal yang indah, makna Islam Rahmatan Lil Alamin sangat kentara di saat ribuan umat muslim dunia menyembelih hewan qurban untuk kemudian dibagi-bagikan kepada para mustahiqnya.

Kegiatan yang bertemakan Semangat Berqurban Melatih Keikhlasan  ini di mulai sore sebelum hari raya idul adha, seluruh pengurus OSIS/MPK MAN KENDAL dan perwakilan masing – masing kelas yang laki-laki baik kelas 10,11 dan 12 berkumpul dan di beri bimbingan oleh Bapak Sunardi S,Pd . pada malam hari mereka mengamalkan ilmu yang telah mereka dapatkan dari Bapak Sunardi S,Pd, satu ekor kambing pun di sembelih pada malam itu .

Pukul 06.30 WIB para pengurus OSIS/MPK MAN Kendal yang putri mulai berdatangan untuk mempersiapkan acara, karena yang putra sudah ada di lokasi sehubungan dengan lembur untuk menjaga sapi dan mempersiapkan tempat sholat Ied Al Adha yang dilaksakan di Aula MAN Selatan.

Nah, pada pukul 06.00 WIB peserta yang dalam hal ini adalah perwakilan masing-masing kelas mulai berdatangan tak ketinggalan pula guru-guru MAN Kendal. Semuanya langsung menempatkan diri di Aula MAN Selatan setelah mengambil air wudhu untuk melaksanakan sholat Ied Al Adha. Pada tahun ini yang bertindak sebagai imam adalah Ustadz Asnawi.

Takbir terus dikumandangkan oleh para jamaah sebelum sholat Ied Al Adha dilaksanakan.dan tepat pada pukul 06.30 WIB sholat Ied Al Adha dimulai. Assholaatu Jaamiah seru bilal Yudi setiawan kepada para jamaah. Dengan khidmat dan penuh kekhusyuan sholat Ied dilaksanakan suasana hari raya benar-benar terasa. Usai sholat para jamaah membenarkan posisi duduk mereka untuk mendengarkan khotbah.

Sebagai pembelajaran, khatib dalam sholat Ied ini adalah siswa sendiri yang pada tahun ini dipercayakan saudara Niam Arafat. Dengan penuh kemantapan ia menaiki mimbar untuk berkhotbah yang mana khotbah merupakan salah satu rukun dari sholat Ied.

Setelah segala rangkaian sholat Ied Al Adha selesai panitia beserta perwakilan kelas berhamburan untuk persiapan penyembelihan hewan qurban. Pakaian yang mereka kenakan untuk sholat Ied kini berganti menjadi pakaian training.

Dengan penuh kegembiraan sebagian siswa menggiring sapai menuju tempat peristirahatan terakhirnya. Penyembelihan sendiri dilaksanakan di depan Boarding School Putra.

Dengan susah payah mereka siswa putra yang dibantu beberapa guru dan pak bon menjatuhkan sapi diatas tepat penyembelihan. Setelah berusaha keras akhirnya sapi pun patah semangat dan mengikuti perintah tuannya (hahaha…).

Dengan mengumandangkan takbir 3x Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar, parang yang ada ditangan Pak Asnawi diayunkan ke leher sapi, dan seketika darah mengucur deras leher si sapi yang malang.

Setelah menunggu beberapa saat, bekerjalah 4 Tim Eksikutor.  Pertama, Tim Mutilasi, kedua, Tim Pengeletan, ketiga, dan Tim Bersih-bersih Jeroan, dan keempat Tim Pembagian Daging.

Pukul 10.30 WIB pemotongan dan pembagian selesai, saatnya untuk membagi-bagikan daging sapi tersebut kepada para mustahiq yang ada disekitar MAN Kendal dan sudah memiliki kupon yang dibagikan seelum hari H oleh panitia.

Para mustahiq mulai berduyun-duyun mendatangi tempat pembagian hewan qurban. dengan penuh senyum petugas pembagian daging qurban memberikan daging kepada para mustahiq. Sungguh indah ketika kita bisa berbagi kepada  sesama. Pembagian daging qurban berakhir ketika adzan dhuhur berkumandang. Panitia, peserta dan dewan guru yang raut wajahnya terlihat lelah tapi bahagia melaksanakan ISHOMA.