Haflah & Wisuda Santri Kelas XII ke-6 Ma’had Al Aqwam MAN Kendal Tahun 2019



Momentum Hari Pendidikan Nasional  tanggal  2  Mei benar-benar     dimanfaatkan oleh lembaga pendidikan MAN Kendal. Dua kegiatan akbar sukses dilaksanakan pada hari, tanggal, dan tempat yang sama.

Hari itu, Kamis 2 Mei 2019, telah berlangsung  kegiatan  Pelepasan  Siswa  Kelas XII Tahun Pelajaran 2018/2019. Acara yang dihadiri Kakankemenag Kabupaten Kendal itu berlangsung sukses dan lancar. Mengingat siang harinya gedung aula juga  akan  digunakan  Haflah  Akhirussanah dan Wisuda Santri ke-6 Kelas XII, acara yang pagi  di-setting  lebih  awal  selesainya.  Meski agak molor endingnya, tidak mengurangi kekhidmadan acara. Kegiatan Haflah Akhirussanah dan Wisuda Santri bagi siswi kelas XII merupakan yang  keenam  kalinya  sejak berdirinya Boarding School MAN Kendal. Wisuda yang pertama dilaksanakan pada tahun 2014 di tempat yang sama.

Seperti kegiatan pelepasan kelas XII, acara  Haflah  dan  Wisuda  juga  dimeriahkan oleh  Grup  Rebana  Ma’had  Al  Aqwam pimpinan Ali Najib, S.Pd.I. Program ma’had yang baru berjalan 1 tahun ternyata sudah memberikan warna bagi lembaga  MAN  Kendal.  Hal  itu  disampaikan oleh Direktur Ma’had Al Aqwan Ali Najib, S.Pd.I.

“Memang program ini kami khususkan bagi anak yang memiliki kompetensi keilmuan sekaligus bisa menjadi hafidz hafidzah. Walau kami masih membuka dua kelas, respon masyarakat sangat menggembirakan,”tuturnya di sela-sela kunjungan asrama.

Acara haflah sendiri disusun secara cermat, sistematis,  dan  matang  oleh  panitia. Dua pembawa acara yang diisi Siti Rifiqoh dan Silvia Nisa juga menunjukkan profesionalitasnya.

Tilawah yang dibawakan Trio Arjuna Ma’had Al Aqwam, masing-masing Syabriansyah al Faiza, Lutfi Hanif Albaihaqy dan Fatwa Kusuma Putra tampil gemilang dan mendapat applause dari hadirin.

Kegiatan   yang   dihadiri   wali   santri, komite, pengurus ma’had dan tamu undangan lainnya diisi  mauidhatul khasanah oleh Bu Nyai Afidatun Nisa’ Anas Noer Al Hafidzah dari Kabupaten Kendal.

Kepala MAN Kendal Drs.H.Muh Asnawi, M.Ag. dalam kata sambutannya menegaskan bahwa para santri yang telah diwisuda tidak merasa puas diri, merasa selesai, apalagi sampai melupakan almamater MAN Kendal.

“Kalian jangan berhenti sampai di sini. Ke  depan  jalan  masih  panjang.  Ilmu  yang kalian dapatkan dapat dikembangkan lebih hebat   lagi,   sehingga   di masyarakat nanti, kalian menjadi bagian yang sangat dirindukan kehadirannya,” imbuh Asnawi membakar semangat.

Sebanyak 18 wisudawati tampak anggun memesona saat tampil di atas panggung. Para orang tua/wali murid merasa kagum dan bangga atas ilmu yang diperoleh anaknya.

“Saya benar-benar terharu. Semua ini adalah anugerah Allah SWT yang diberikan kepada anak saya,” tutur Rozikin, ayah dari Rifka Nurullaili Fitriani dengan mata berkaca- kaca.

Hal senada  juga diungkapkan Agustono, ayah Ira Nazhatina.

“Tidak rugi menyekolahkan anak di MAN   Kendal.   Terimakasih kepada semua pihak yang telah membimbing anak saya. Maju terus MAN Kendal, semoga semakin jaya dan hebat,” imbuhnya semangat.

Sementara itu Bu Nyai Afidatun Nisa’ berpesan kepada para santriwati untuk terus mengembangkan hafalannya.

“Menjadi hafidzah itu berat tantangannya, apalagi di alam globlalisasi dewasa ini. Tapi yakinlah dengan berpegang teguh  tali  Allah  dan  Rasulnya,  kalian  bakal bisa melewati tantangan zaman,”tegasnya.

Ketua  panitia  haflah  Ailsa  Frederica juga melaporkan bahwa beberapa santri yang diwisuda telah berhasil menambah jumlah hafalannya.

Sebut saja beberapa siswi program keagamaan, di antaranya Rifka 16 juz, Ira 14 juz, dan Yuliza 5 juz. Sementara Assyifa Nurtiasih (XII MIPA-3) berhasil menghafal 6 juz, dan Elsa Korina Sari (XII MIPA-1) 3 juz.

Oke,   selamat   buat   kalian.   Bawalah selalu ke mana melangkah, dan sertakan selalu di mana berpijak : Almamater MAN Kendal.