60 ASN MAN Kendal Terima Penghargaan Satya Lencana Karya Satya

Dalam rangka memeringati HUT Ke-75 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75 Tahun 2020, sebanyak 60 Pegawai Negeri Sipil MAN Kendal menerima anugerah tanda kehormatan Satya Lencana Karya Satya yang diserahkan langsung oleh Plt.Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kendal Drs. H. Mokhamad Bajuri di halaman Kantor Kementerian Agama Kendal, 17 Agustus 2020.

Berdasarkan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor : 37/TK/Tahun 2020 sebanyak 60 PNS berhak menerima anugerah ini. Mereka terdiri dari 4 orang PNS penerima Satya Lencana 30 tahun, 36 orang PNS penerima Satya Lencana 20 tahun dan 20 orang PNS penerima Satya Lencana 10 tahun. Selain 60 ASN MAN Kendal, hadir menerima penghargaan tersebut adalah para pegawai/kasi di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kendal, termasuk para Kepala KUA di wilayah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kendal.

“Berdasarkan surat edaran bupati Kendal, peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-75 tidak diadakan upacara bendera karena Kendal berada dalam zona merah. Untuk menghindari penularan covid-19, acara penyerahan Satya Lencana Karya Satya tersebut dilakukan melalui apel sederhana namun penuh khidmat ini. Berharap panjenengan dan keluarga selalu diberikan kekuatan dan kesehatan sehingga dapat melaksanakan tugas dengan baik. Terima kasih kepada panjenengan yang telah berkenan hadir memenuhi undangan kami,”kata Bajuri mengawali sambutannya.

 Pada kegiatan apel pagi tersebut disematkan secara simbolis anugerah Satya Lencana Karya Satya pada kepada tiga ASN di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kendal, masing-masing Kepala MAN Kendal Drs. H. Muh Asnawi, M.Ag, Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh H. Ahmad Zaenudin, S.Ag, dan Kepala KUA Kecamatan Patebon H. Budi Makbul, S.Ag, MM.

Selesai penyematan secara simbolis, dilanjutkan pemberian SK dan penghargaan yang dipandu Muhammad Najmussaqib, pegawai bagian umum Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kendal. Secara bergiliran masing-masing ASN dipanggil untuk menerima penghargaan, termasuk dua ASN MAN Kendal yang telah purna, Drs. H. Anwar Haryono, S.Pd. dan Hj. Fikriyah, S.Ag.

Menurut Bajuri, penetapan penghargaan ini sebenarnya sudah lama, tertanggal 29 Mei 2020. Namun karena keadaan baru bisa dibagikan pada pagi ini bertepatan dengan peringatan HUT RI ke-75.

“Penganugerahan tanda kehormatan Satya Lencana Karya Satya kepada PNS ini bertujuan sebagai pendorong serta memotivasi diri untuk meningkatkan pengabdian dan prestasi kerja PNS, sehingga dapat dijadikan teladan bagi PNS lainnya. Kepada panjenengan yang pada hari ini mendapatkan penghargaan saya ucapkan selamat,”imbuh Bajuri.

Pada kata terakhirnya Bajuri mengharapkan, para penerima penghargaan untuk selalu mengabdi pada bangsa ini melalui kiprah masing-masing bidang, dan berpedoman pada 5 budaya kerja kementerian agama, yakni integritas, tanggung jawab, inovasi, keteladanan, dan profesionalisme.

Kegiatan apel diakhiri dengan pembacaan doa oleh Kasi Mapenda H. Muhammad Muslikhan, S.Ag. dilanjutkan ramah-tamah di lobi kantor kemenag Kabupaten Kendal. (Tb)***